Responsive Ad Slot

Nasib Pekebun Karet Memprihatinkan

Jumat, 17 Maret 2017

Wakil rakyat Dapil Kalsel 1 Aboe Bakar Al Habsyi meminta pemerintah memperhatikan nasib warga pekebun karet. Anjloknya harga karet membuat pekebun karet kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Aboe menyampaikan, banyak hal yang disampaikan konstituen saat dia turun ke daerah pemilihan di Kalimantan Selatan I. Misalkan saja, warga Kandangan mengeluhkan persoalan rendahnya harga karet.

"Warga merasa saat ini harga karet terlalu rendah, rata rata hasil kerja mereka hanya dihargai 5 ribu rupiah perkilo. Selama ini harga terbaik yang mereka peroleh adalah 8 ribu perkilo, hal ini sangat berat sekali. Petani minta pemerintah untuk memperhatikan hal tersebut, agar mereka bisa memenui kebutuhan hidup keluarga," katanya di Jakarta
.

Wakil Ketua Fraksi PKS ini berujar, karena tidak membidangi sektor pertanian dan perkebunan, dia akan berupaya untuk menyampaikan persoalan ini kepada komisi terkait.

"Nanti akan diteruskan kepada anggota fraksi PKS yang ditugaskan di komisi pertanian dan perkebunan," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR ini menambahkan, persoalan anjloknya harga karet juga akan disampaikan kepada Ardiansyah, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan, yang merupakan kader PKS.

"Kita akan minta supaya Wakil Bupati membuat trobosan, misalkan saja membantu tata kelola stok karet di tingkat lokal, atau membantu pemasaran dengan baik, agar harga karet bisa berdampak ekonomis untuk masyarakat," ujarnya.

Aboe juga menceritakan, saat kunjungan ke daerah Pandawan Kalsel. Dia juga mendapat banyak keluhan dari masyarakat soal adanya pencari ikan yang menggunakan stroom dan obat obatan.

Akibatnya merusak habitat sungai, karena seluruh ikan yang ada menjadi mati, termasuk bibit ikan yang seharusnya dijaga. "Warga Pandawan minta agar dibangun pos Polisi di sekitar sungai yang strategis, agar habitat alam dari ikan tidak terganggu," katanya

Selain itu, warga juga minta adanya perbaikan akses berupa pengaspalan jalan ke area persawahan. Hal ini diperlukan agar mereka mudah dalam melakukan pengangkutan benih, pupuk, alat hingga hasil panen. Saat ini masih ada beberapa spot yang jalannya belum di aspal dan membutuhkan perhatian pemerintah.

"Saya telah berkomunikasi dengab Kapolres dan Bupati Hulu Sungai Tengah. Kebetulan Bupati Abdul Latif diusung oleh PKS sehingga kita memiliki akses komunikasi yang baik. Dalam pertemuan dengan Bupati HST, beliau berjanji akan memberikan atensi terhadap berbagai masukan yang disampaikan. Bupati juga menyampaikan terima kasib karena ada anggota DPR yang rajin ke daerah pemilihannya," pungkasnya.
Don't Miss