Responsive Ad Slot

Jika Satu Juta Rumah Jokowi Hoax? Kemana Subsidi Mengalir?

Senin, 03 April 2017

Apa maksud dari program satu juta rumah Presiden Jokowi? Apa benar satu juta rumah subsidi itu ada ? Atau hanya ada dalam angan angan?

Tapi uang dari negara telah dikeluarkan untuk subsidi rumah. Katanya untuk menyediakan rumah murah untuk rakyat. Mana rumah murahnya ? Rakyat mau beli kalau ada.

Uang negara tiap tahun dialokasikan untuk subsidi rumah. Tahun 2009 pemerintah alokasikan pagu anggaran Rp.2,5 triliun dengan target 131.655 unit rumah. Tahun 2015 dengan pagu anggaran Rp. 5,1 T target 62.062 unit. Tahun 2016 dengan pagu anggaran Rp.9,23 Triliun target 87.390 unit.

Anggaran yang dialokasikan negara untuk perumahan murah buat rakyat terus naik atau membesar. Tapi anehnya target penyediaan rumah murah untuk rakyat terus turun atau mengecil. Ada apa ?

Bandingkan besar kenaikan pagu anggaran dengan jumlah rumah dalam data di atas. Aneh kan? Jangan jangan ada yang mengatur kenaikan harga rumah setiap tahun? Sehingga negara harus membayar mahal subsidi 
kepada taipan? Wah ini harus diusut...

Atau jangan rumah murah itu tidak pernah ada. Jangan jangan maksud dari subsidi perumahan itu adalah property yang dibangun para taipan? atau property di atas lahan reklamasi teluk Jakarta yang gagal?

Memang ada pembangunan apartemen ugal- ugalan di Jakarta oleh para taipan property. Tapi itu tidak murah. Dan itu buka untuk rakyat miskin. Pertanyaannya kemana dana subsidi puluhan triliun itu mengalir.? Usut dan tangkap!

Oleh : Salamuddin Daeng (Aepi)


Don't Miss