Responsive Ad Slot

Pelantikan Sekda, Bupati Jufri: Sekda Itu Sopir

Rabu, 24 Mei 2017

Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Jufri Hasanuddin lantik pejabat eselon II dijajaran pemkab Abdya, Drs Thamrin, sebagai Sekretaris Daerah (Abdya), hal tersebut di gelar dipendopo Bupati Abdya, jalan Iskandar Muda desa Geulumpang Payong kecamatan Blangpidie, Rabu (24/5/2017).

Pelantikan Drs Thamrin sebagai Sekda Abdya itu, berdasarkan surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor: PEG. 821.22/02/2017 tertanggal 18 April 2017, perihal pengangkatan Drs Thamrin sebagai pembina utama dalam jabatan tertinggi dilingkungan pejabat struktural pemkab Abdya. 

Pengangkatan Drs Thamrin oleh Gubernur Aceh itu pun atas dasar surat usulan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin. Surat Bupati Abdya yang dikirim ke pemerintah Aceh tersebut dengan Nomor: BKPP. 821.22/177/2016 tertanggal 6 September 2016. Keputusan Gubernur Aceh ini dibacakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Abdya Edy Darianto.

Dalam sambutan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin mengatakan, pejabat struktural yang tertinggi merupakan Sekda. Tanggung jawab Sekda tersebut sangat besar, sebab segala sesuatu yang menyangkut dengan kemajuan daerah itu terdapat dipundak sekda. 

"Sekda itu sopir, sedangkan Bupati itu toke, jadi harus mampu mengendalikannya," ucap Bupati Jufri.

Bupati Jufri juga mengingatkan, Sekda harus mampu memecahkan persoalan, serta mampu mengaplikasikan visi misi Bupati kepada masyarakat, sehingga akan terlihat maju atau mundurnya pembangunan di daerah. Serta Sekda Drs Thamrin harus mampu menyesuaikan diri dengan bawahan. 

"Bisa menjadi ayah, bisa menjadi kawan dan juga harus mampu menjadi komando," kata Jufri. 

Menjadi Sekda tersebut tidak mudah, bukan sekedar sudah menjadi PNS atau sudah cukup golongan, namun kata Jufri, Sekda itu harus memiliki integritas, sehingga Bupati Jufri mengusulkan Drs Thamrin sebagai Sekda definitif setelah Drs Ramli Bahar yang tak lagi menjabat karena telah pensiun. 

"Bukan karna nepotisme, bukan karena senang dan bukan karna sering berkunjung, tapi karena bapak Drs Thamrin sangat memiliki kapasitas untuk menjadi Sekda," katanya.

Muhammad Taufik

Don't Miss