Responsive Ad Slot

MPR: Ada Gejala Perbedaan Sengaja Dipertajam dan Kesamaan Disamarkan

Sabtu, 03 Juni 2017


Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengatakan bahwa hiruk pikuk persoalan kebangsaan dan kenegaraan dalam beberapa bulan terakhir ini telah menguras energi semua pihak. 

"Terdapat gejala mengendurnya ikatan kebangsaan di antara komponen anak bangsa. Ada gejala titik perbedaan dipertajam, titik temu justru disamarkan," katanya kepada wartawan.

Dia menjelaskan, apabila kita membaca proses dialektika para pendiri bangsa (the founding fathers) saat merumuskan dasar negara dan konsitusi, terdapat kearifan yang luar biasa yang dimiliki para pendiri bangsa. Ada kerelaan untuk menanggalkan kepentingan kelompok dan golongan demi kepentingan yang lebih besar yakni kepentingan NKRI.

"Spirit para pendiri bangsa yang tertuang dalam konstitusi semestinya dapat menjadi ikatan moral kita seluruh komponen bangsa dalam mengelola negeri ini," cetusnya.

Menurutnya, etos para pendiri bangsa tersebut menjadi pemandu semua kelompok dalam mengayuh perjalanan negeri ini dalam meraih tujuan berbangsa dan bernegara.

Don't Miss