Responsive Ad Slot

MK Bakal Dapat Ujian Berat Tahun 2018

Kamis, 10 Agustus 2017


Anggota Komisi III Aboe Bakar Al Habsyi menilai, kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) di bawah Arief Hidayat cukup membanggakan. Tahun depan MK hadapi tantangan berat penyelesaian pilkada serentak.

Aboe mengutarakan , sebagai mitra kerja yang diundang untuk mengikuti kegiatan International Symposium AACC dirinya melihat langsung bagaimana performa MK dalam hubungan internasional di bawah Arief.

Menurutnya, kehadiran peserta dari 16 negara juga menunjukkan bahwa MK RI memiliki kredibilitas yang baik sebagai penyelenggara Symposium ini. Tentunya kinerja yang baik dari MK ini tidak lepas dari kepemimpinan Ketua MK yang sekarang.

"Karenanya, tidak salah bila kemarin Prof Arief Hidayat kembali terpilih sebagai ketua MK, karena memang di bawah kepemimpinan beliau marwah MK RI dilihat secara baik oleh MK dari berbagai negara lain maupun lembaga yang sejenisnya," ujarnya di sela-sela acara simposium internasional MK di Solo.

Aboe berpendapat, tema Simposium internasional MK sangat menarik, yaitu Mahkamah Konstitusi Sebagai Penjaga Ideologi Dan Demokrasi di dalam masyarakat yang plural. Tema ini sangat kekinian, sesuai dengan situasi nasional yang banyak mendiskusikan soal demokratisasi dan penjagaan ideologi.

"Kita tentunya berharap acara semacam ini akan semakin meneguhkan posisi MK RI sebagai penjaga ideologi bangsa, serta mematangkan cara pandanganya terhadap demokrasi," katanya.

Ketua DPP PKS menambahkan, acara simposium internasional akan semakin menunjukkan cara pandang masing-masing negara tentang demokrasi di tengah pluralitas masyarakat internasional. Sehingga akan terlihat titik singgung persamaan dan perbedaan dari masing-masing, untuk lebih meneguhkan jati diri masing-masing negara.

Dijelaskan, salah satu Tema demokratisasi yang melekat dengan MK RI adalah penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah. Tahun depan akan diselenggarakan 171 Pilkada serentak di Indonesia.

"Pilkada ini adalah satu batu uji untuk MK dalam mengawal demokratisasi di Indonesia. Saya minta MK menyiapkan performa terbaik untuk menghadapi perhelatan nasional tersebut," pungkasnya.
Don't Miss