Responsive Ad Slot

Ini Arahan KIP Abdya Soal Verifikasi Parpol

Sabtu, 30 September 2017

Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melakukan sosialisasi kepada pengurus partai politik di dalam kabupaten setempat, dalam rangka persiapan menghadapi pemilu tahun 2019 mendatang, di Aula KIP Abdya, Jum'at (29/9/2017).

Ketua KIP Abdya, Elfiza, SH, MH yang diwakili oleh komisioner KIP, Hasbi, SPd dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa hal tersebut penting dilakukan karena mengingat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019. 

"Juga tentang sosialisasi penerimaan salinan bukti keanggotaan partai politik, verifikasi partai politik peserta pemilu tahun 2019, "ucap Hasbi.

Selain Hasbi, komisioner lainnya, Said Maskur, SH juga menyampaikan, acara sosialisasi tersebut dalam hal kesiapan partai politik untuk menjadi peserta pemilu tahun 2019 mendatang, sebab, sebelum menjadi peserta, seluruh parpol yang ada di Abdya harus dilakukan verifikasi ulang, baik verifikasi administrasi maupun faktual.

Said Maskur juga mengatakan, pemilu kali ini berbeda dengan pemilu yang lalu, pasalnya, pemilu tahun 2019 mendatang akan  dilaksanakan serentak dengan pemilihan Presiden Republik Indonesia.

"Pada pemilu tahun 2019 mendatang, berbeda dengan Pemilu tahun-tahun yang lalu, karena pemilu kedepan ada pemilihan DPD RI, DPR RI, DPRA dan DPRK, juga ditambah pemilihan Presiden, "ucap nya.

Oleh karena itu, Said berharap kepada seluruh parpol peserta pemilu nantinya, agar dapat bekerja sama dalam hal penyampaian sosialisasi ini kepada kader partai, simpatisan maupun masyarakat, sehingga, pemilu tahun 2019 nanti dapat berjalan sesuai aturan dan harapan. 

"Yang kita ragukan ini, karena pemilu Presiden sekalian dengan pemilu legislatif, jadi aktor-aktor politik di kecamatan atau desa nanti, tidak menjalankan hal ini, "harap Maskur.

Selanjutnya, komisioner KIP Abdya, Said Maskur, juga menyampaikan kepada seluruh pengurus partai politik di Abdya, agar menyerahkan bahan verifikasi, yakni fotocopy Kartu Tanda Anggota (KTA), fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) anggota partai, mulai dari pengurus hingga anggota. 

"Aturan PKPU sekarang, untuk fotocopy KTA dan KTP anggota partai politik sebanyak 148 lembar, itu bahan untuk kami lakukan verifikasi faktual, "kata nya.

Tak hanya itu, Said dengan tegas mengatakan, parpol di Abdya harus serius dalam hal verifikasi yang akan KIP Abdya laksanakan tersebut, karena, menurut nya, aturan PKPU kali ini tidak memberi luang jika memang tidak lewat verifikasi. 

"Kami sampaikan harus sangat serius, jika partai gagal didaerah, maka akan gagal secara nasional, begitu juga dengan partai lokal, Ini memang tegas, karena kita tidak menginginkan ada yang bermasalah kedepan, " ucapnya 

Dalam kesempatan itu, selain komisioner KIP Abdya, Muhammad Zikri, Hasbi, Said Maskur dan Fakhrurrazi, pengurus partai politik, juga dihadiri komisioner Panitia Pengawas Pemilu, Rismanidar, Fakhrurrazi, Hilman Saputra. 

Muhammad Taufik
Don't Miss