Responsive Ad Slot

Kedatangan Mentan Ke Jateng Disambut Hujan, Gubernur Ganjar: Tak Lagi Kering Kerontang

Minggu, 24 September 2017

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan bahwa Kementeriannya ke depan akan mengadakan pameran besar guna memfasilitasi berbagai potensi produk lokal. Pernyataan ini diungkapkannya seusai melihat pameran produk hasil pertanian Jawa Tengah yang diadakan dalam rangka hari tani nasional jawa tengah ke 46. 

"Saya minta mangga barokah ini dikembangkan secara besar -besaran, kita majukan buah lokal ini. Petani pasti untung," kata Menteri Amran di Semarang, kemarin Sabtu (23/9/2017).

Memang potensi daerah harus digali dan didata kembali. Saya tidak akan tahu mangga sebesar ini kalau tidak mendatangi pameran ini, masalahnya kurang eksplore, serius Amran sambil memesan kepada kepala dinas Jawa Tengah agar mangga yang sudah berkembang di jawa ini terus dikembangkan. "Saya akan pesan bibitnya, dan akan dikembangkan," katanya.

Pada kesempatan itu juga Amran mengatakan kepada media bahwa saat ini Indonesia sudah ekspor 14 komoditas kita, manggis, salak, nenas, dan baru - baru ini kita ekspor bawang merah Brebes 5600 ton  ke Thailand, philipena  dan Singapure.

Ada yang bilang hama menyerang tanaman padi, luasnya 5000 hektar. Kalau dikonversi 13 juta ha luas tanaman padi, tidak seberapa. Masih 0.004 persen.

Terkait berita yang menyatakan saat ini masih musim keleringan di Jawa, Amran mengatakan bahwa tadi malam dianya disambut hujan rintik-rintik. "Saya tadi malam sampai ke Jawa Tengah ini di Sambut Hujan Rintik", katanya sambil tersenyum kepada media.

Amran menyatakan sangat bangga apa yang dicapai petani jawa tengah sekarang ini. Dan memang diakuinya bahwa petani Jawa tengahlah  (Brebes) yang ikut mengekspor bawamg merah .

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa tugas on farmnya sudah selesai. 

"Alhamdulillah jateng sudah didatangi rintik-rintik hujan menyambut kedatangan pak menteri. Lahan tidak lagi kering kerontang," ujar Ganjar.

"Tugas berikutnya adalah off farm, dan untuk memajukan pertanian ini kami ada forum diskusi yang dikemas dalam dialog budaya seperti yang dilaksanakan hari ini, hari tani nasional jawa tengah ke 46," tambahnya.
Don't Miss