Responsive Ad Slot

Mensos Ajak Generasi Muda Berkontribusi Bagi Veteran dan Hormati Pahlawan

Selasa, 19 September 2017

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak generasi muda berkontribusi nyata bagi veteran dan menghormati jasa pahlawan dimulai dari yang sederhana namun mengena. 

"Pertama misalnya kerja bakti membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP) di wilayah masing-masing. Ini adalah salah satu bentuk penghormatan kita kepada mereka, karena TMP merupakan tempat peristirahatan terakhir mereka," kata Mensos saat memimpin rapat pleno peringatan Hari Pahlawan bertempat di Gedung Kementerian Sosial, Senin (18/09). 

Khofifah mengatakan saat  melakukan kunjungan kerja ke daerah ia kerap melihat makam pahlawan tak terawat, rumput dibiarkan meninggi, dedaunan kering dan sampah berserakan, juga cat tembok sudah kusam dan pagar yang rusak. 

Untuk itu ia meminta panitia Hari Pahlawan (Harwan) yang terdiri dari lintas kementerian dan lembaga, pemerintah dan non pemerintah dalam menyusun rangkaian kegiatan  menyelenggarakan kegiatan bakti untuk pahlawan dan veteran. 

"Libatkan ormas pemuda, KNPI,  karang taruna,  Pramuka, santri  dan pelajar serta  mahasiswa untuk bersih-bersih Taman Makam Pahlawan dan beranjang sana kepada keluarga pahlawan, perintis kemerdekaan serta veteran. Tujuannya agar terbangun kesadaran bahwa ada jasa para pahlawan dalam setiap kenyamanan yang kita rasakan sekarang," terang Khofifah. 

Yang kedua, lanjutnya, mendorong anak-anak muda untuk melihat ke sekililing mereka apakah ada keluarga pahlawan, perintis kemerdekaan serta veteran di lingkungan mereka. 

"Lakukan silaturahmi, anjangsana serta bakti sosial.  Datang dan sapa mereka. Sapaan ini adalah cara paling sederhana yang bisa dilakukan siapapun untuk menunjukkan rasa hormat dan terima kasih atas jasa-jasa mereka," ujar perempuan asal Kota Pahlawan, Surabaya ini. 

Ketiga, mengajak pelajar dan  santri, untuk mengikuti Jelajah Kapal Kepahlawanan. Sebanyak 700 orang akan diajak mengikuti sosialisasi nilai-nilai kebangsaan dan kepahlawanan di atas kapal perang selama tiga hari pada akhir Oktober 2017. 

Kapal perang TNI Angkatan Laut ini akan berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju ke Batu Poron Bangkalan, Madura.

"Ini merupakan kegiatan yang pertama kali kita gelar dan semoga memberi pengalaman baru yang menyenangkan untuk anak-anak. Sambil menikmati perjalanan, mereka belajar tentang nilai-nilai   kepahlawanan dan kebangsaan, mendapat bimbingan yang disampaikan narasumber yang diharapkan dapat  membekas di benak mereka," terang Khofifah.

Sementara itu Sementara itu Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Hartono Laras mengatakan rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 2017 pada intinya adalah menumbuhkan dan mendayagunakan nilai kepahlawanan kepada masyarakat sejak dini usia. 

"Ini adalah upaya untuk mengenang peristiwa sejarah yang heroik serta memberi penghormatan kepada mereka yang telah berjuang untuk bangsa dan negaranya," ujar Hartono. (*)
Don't Miss