Responsive Ad Slot

Tumbuhkan Ekonomi Gampong, Peserta Dilatih Cara Penggunaan Dana Desa

Jumat, 29 September 2017

Sebanyak 158 Peserta Mengikuti Pelatihan Penggunaan Dana Desa dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Gampong.

Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat gampong, seratusan lebih peserta dari berbagai pihak dalam aparatur desa, mengikuti pelatihan penggunaan dana desa, di gedung PKK desa Kuta Tuha, Blangpidie, Kamis (28/9/2017). 

Kegiatan pelatihan tersebut sudah berlangsung sejak sebulan terakhir, yang terdiri dari pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), pelatihan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong (KPMG), dan pelatihan pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), yang akan berakhir besok, Jum'at 29 September 2017 sekaligus acara penutupan.

Panitia pelaksana acara, Hendra Munandar mengatakan, bahwa pelaksanaan pelatihan ini seharusnya telah usai dilaksanakan sebelumnya, namun dikarenakan jadwal pemateri terlalu padat, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan ini terpaksa harus disesuaikan.

Namun demikian, pelaksanaan pelatihan nya tetap berjalan sesuai yang sudah direncanakan, karena, hal tersebut merupakan bahagian dari program pemberdayaan masyarakat.

"Acaranya sudah berjalan sejak tanggal 28-29 Oktober lalu, mulai pelatihan Siskeudes, guru PAUD, KPMG hingga hari ini pelatihan BUMG, "ungkap Hendra saat dijumpai di acara pelatihan BUMG se kecamatan Blangpidie di gedung PKK Abdya. 

Hendra juga menceritakan, bahwa acara pelatihan yang dibuka oleh Camat Blangpidie, Zulbaili Latif, beberapa waktu itu hanya lah agar para pelaku penggunaan dana desa memiliki pengetahuan yang cukup dalam pengelolaan keuangan nya.

"Kepada seluruh peserta, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan nya pada masing-masing tugas setelah mengikuti pelatihan ini, "kata Hendra mengutip pernyataan Camat Zulbaili Latif saat itu.

Selanjutnya, Hendra juga menyebutkan segala biaya yang dikeluarkan dibebankan kepada masing-masing desa, baik itu untuk peserta pelatihan Siskeudes, guru PAUD, KPMG maupun pengurus BUMG.

"Untuk biaya nya dibebankan kepada masing-masing desa. Peserta Siskeudes sebanyak 40 peserta, guru PAUD 18 orang dari enam desa, KPMG 40 orang, dan BUMG 60 orang peserta, "ucapnya.


Muhammad Taufik
Don't Miss