Responsive Ad Slot

Inilah Kunci KPMG Sukses Bangun Gampong

Selasa, 24 Oktober 2017

Tenaga pendampingan dana desa kecamatan Kuala Batee kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kembali menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kepada sejumlah 42 peserta dari Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong (KPMG) dalam kecamatan itu, hal tersebut digelar di Aula kantor camat setempat, Senin (23/10/2017).

Pelatihan ini dikarenakan kader gampong merupakan hal yang terpenting dalam pembangunan gampong yang mandiri dan sejahtera, sehingga kepada kader KPMG dapat mengikuti nya dengan serius dan menyerap hal yang disampaikan oleh pemateri.

"Kader KPMG memiliki posisi yang strategis dan penting dalam proses pembangunan dan pemberdayaan di desa sebagai garda terdepan pembangunan gampong," ujar Said Fahmi, pemateri kegiatan pelatihan saat itu.

Lebih lanjut, Said mengutarakan bahwa dalam hal membangun gampong tersebut sangat diharapkan kerjasama semua pihak yang terkait di gampong itu, dengan demikian gampong akan terwujudnya pembangunan gampong dengan partisifasi masyarakat yang aktif.

"Kader KPMG juga dituntut mampu membangun kerjasama yang baik dengan Keuchik dan aparatur lainnya," katanya," ucap Said Fahmi.

Kemudian ia menyebutkan, KPMG merupakan representasi dari masyarakat desa yang selanjutnya berfungsi melakukan pemberdayaan skala lokal, meliputi tindakan asistensi, pengorganisasian, pengarahan dan fasilitasi skala lokal gampong.

"Kunci utama keberadaan KPMG di gampong, yang merupakan warga gampong itu sendiri, dan berkewajiban untuk melakukan upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, perilaku, kemampuan, kesadaran serta pemanfaatan sumber daya yang ada melalui kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat gampong," tegas Said.

Pelatihan dengan mengangkat tema "Garda Terdepan Membangun Gampong" tersebut turut dihadiri oleh camat Kuala Batee, Yusan Sulaidi, Ketua FK3 Kuala Batee, Muhammad Rasyid, Tenaga Ahli, Suhadi, SP, Hendra Saputra, ST dan Barlian Justika, ST.

MUHAMMAD TAUFIK
Don't Miss