Tegakkan Demokrasi, Demokrat Perjuangkan Revisi UU Ormas

Politisi Partai Demokrat Yusyus Kuswandana menegaskan Partai Demokrat akan memperjuangkan revisi Perpu Ormas yang baru disetujui DPR menja...

Politisi Partai Demokrat Yusyus Kuswandana menegaskan Partai Demokrat akan memperjuangkan revisi Perpu Ormas yang baru disetujui DPR menjadi UU.

Menurutnya, suasana di DPR dalam memutuskan Perpu Ormas menjadi UU yang berakhir dengan voting memunculkan sebuah dilema. Sebab, Partai Demokrat di satu sisi konsen menginginkan dalam kehidupan berdemokrasi menjadikan Ormas sebagai mitra kerja negara dalam pembangunan dan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan UUD 1945.

"Karena itu kami mendukung proses revisi UU Ormas, agar hak hak Ormas tetap dilindung pemerintah. Sebagaimana hal itu telah dilakukan Demokrat pada era Presiden SBY dengan menjunjung tinggi UU Ormas tahun 2013," katanya di Jakarta (28/10).

Yusyus menjelaskan, Demokrat menyetujui Perpu Ormas disahkan jadi UU karena dalam proses loby di DPR sebelum paripurna pengesahan Perpu, pihak pemerintah melalui Mendagri dan Menkumham menjanjikan akan membuka ruang untuk dilakukan proses revisi UU segera.

"Demokrat menyetujui pengesahan Perpu karena Pemerintah bersama DPR membuka ruang melakukan revisi, kalau pemerintah tidak mau revisi Demokrat kemarin tentu akan menolak," ujarnya.

Yusyus menegaskan, dalam proses pengesahan Perpu Ormas ada beberapa catatan - catatan yang disampaikan Demokrat. Catatan itu muncul karena pertimbangan aturan dalam Perpu yang disahkan seolah olah masih menempatkan ormas menjadi ancaman negara.

"Pemerintah jangan hanya anggap basa basi catatan-catatan soal revisi ini, karena revisi ini penting agar menjadi ruang dalam meperjuangkan beberapa substansi eksistensi ormas di Indonesia," cetusnya.

Ditegaskannya, Partai Demokrat akan berjuang di dalam ruang demokratis untuk revisi UU Ormas. Agar tercipta kehidupan berbangsa yang berkeadilan sesuai dengan konstitusi negara pasal 1 ayat (3) yang menyebutkan Negara Indonesia adalah negara hukum, dan kehidupan berdemokrasi berlandaskan berideologi Pancasila.

"Substansi dalam revisi nanti harus berkaitan dalam rangka menciptakan sinergi hubungan antar negara, pemerintah dan ormas. Apabila ada ormas yang melanggar tentu harus di proses sesuai hukum Indonesia yang berlaku. Bukan cara-cara otoritarian," katanya.

Selanjutnya dalam hal pemberian sanksi, revisi harus dikembalikan kepada prinsip due process of law yang objektif dengan berpegang kepada Supremacy hukum. "Patut selalu diingat Indonesia adalah negara hukum, yang diatur jelas berdasarkan konstitusi kita. Jadi Indonesia bukan negara kekuasaan," pungkasnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Tegakkan Demokrasi, Demokrat Perjuangkan Revisi UU Ormas
Tegakkan Demokrasi, Demokrat Perjuangkan Revisi UU Ormas
https://3.bp.blogspot.com/-ZHanpkD9Ueo/WfRMRto554I/AAAAAAAABF8/i1NvBvzqtGE5VbKy0Sp18PP9mF-h4CrTgCLcBGAs/s640/IMG-20171016-WA0010.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ZHanpkD9Ueo/WfRMRto554I/AAAAAAAABF8/i1NvBvzqtGE5VbKy0Sp18PP9mF-h4CrTgCLcBGAs/s72-c/IMG-20171016-WA0010.jpg
IstanaPos.com
http://www.istanapos.com/2017/10/tegakkan-demokrasi-demokrat-perjuangkan.html
http://www.istanapos.com/
http://www.istanapos.com/
http://www.istanapos.com/2017/10/tegakkan-demokrasi-demokrat-perjuangkan.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy