Responsive Ad Slot

Airlangga Calon Terkuat Gantikan Novanto

Rabu, 29 November 2017



Status tersangka Setya Novanto di kasus e-KTP berdampak pada internal Partai Golkar. Kasak-kusuk pengganti Setnov sebagai ketua umum pun kian santer terdengar. Sejumlah nama dianggap layak memimpin partai beringin.

Politikus senior Partai Golkar, Fadel Muhammad menyebut setidaknya ada enam nama calon potensial. Pertama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang Kartasasmita, Aziz Syamsuddin, Bambang Soesatyo, dan Zainudin Amali. 

"Idrus Marham boleh lah, terakhir," ujarnya, Selasa (20/11). Fadel lebih sreg partainya dipimpin oleh tokoh muda.

Fadel justru lebih condong pada nama pertama yakni Airlangga. Ada beberapa pertimbangan. Misalnya rekam jejak bersih, pintar dan ayahnya yang juga pernah menjadi menteri di era Presiden Soeharto.

"Mungkin Airlangga. Dia di pemerintahan, rekam jejak bagus," kata mantan gubernur Gorontalo tersebut.

Bagaimana dengan posisi Airlangga di kabinet? "Kalau dia Plt boleh (tetap menjabat). Kalau Munaslub jadi Ketum harus memilih ketum atau menteri," ujarnya.

Fadel sendiri mengusulkan untuk sementara posisi Setnov diganti dengan menunjuk pelaksana tugas (Plt). Baginya, langkah itu paling aman untuk menghindari ada konflik di dalam partai.

"Saya usul Plt dulu, 2019 sudah terlalu dekat. Nanti konsultasi ke dewan pembina, dewan pakar, dewan kehormatan. Siapa Plt yang bisa diterima semua pihak," tandasnya.
Don't Miss