Responsive Ad Slot

Humas Kemensos Raih Juara Utama Indonesia Data Driven Journalism 2017

Sabtu, 25 November 2017

Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial meraih juara utama kategori Humas Kementerian Lembaga pada ajang Indonesia Data Driven Journalism (IDDJ) 2017. 

Kompetisi yang digelar Kantor Staf Presiden bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi (Jaring) tersebut mengusung tema "Pemanfaatan Data Terbuka untuk Kemajuan Energi Nasional dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat". Penyerahan hadiah dilaksanakan di Grha Solo Raya Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta, Kamis, (23/11) oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Adapun karya jurnalistik yang meraih juara berjudul "Kartu Keluarga Sejahtera, Senjata Pemerintah Digitalisasi Bantuan Sosial". Karya jurnalistik tersebut ditulis oleh Citra Banch Saldy, Tenaga Humas Pemerintah (THP) di Kementerian Sosial. 

Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan, Biro Humas Kementerian Sosial, Salahuddin Yahya mengatakan sudah seharusnya praktisi humas dan jurnalis membuat pemberitaan ber­basis data resmi sehingga memberikan dampak positif dan berguna bagi masyarakat. 

Data yang valid akan membuka akses informasi publik, mendorong partisipasi masyarakat dalam pengambilan ke­bijakan publik dan pengelolaan badan publik. 
"Penghargaan ini memacu kami untuk lebih baik lagi berkiprah sebagai PR di kementerian untuk memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia," tuturnya. 

Ada lima Kategori dalam IDDJ 2017 kali ini yakni Humas Kementerian dan Lembaga, Jurnalis Media Cetak, Jurnalis Media Online, Jurnalis Media Televisi, dan Pers Mahasiswa.

Adapun empat pemenang IDDJ lain yakni kategori Jurnalis Media Cetak diraih Ester Lince Napitupulu dari KOMPAS, kategori Jurnalis Media Online diraih Muhammad Irham dari Independen.id, kategori Jurnalis Media Televisi diraih Rully Kurniawan dari CNN, dan kategori Pers Mahasiswa diraih Sirojul Khafid dari Persma Majalah Himmah UII Yogyakarta. (*)
Don't Miss