Responsive Ad Slot

Sekjend PNA Bantu Pasien Kurang Mampu Se-Rumah Dampingan BFLF

Selasa, 27 Februari 2018

Dewan Pakar Blood For Life Foundation (BFLF) Aceh Barat Daya (Abdya), Miswar Fuady mengunjungi 3 pasien kurang mampu warga di desa Panton Raya kecamatan Blangpidie kabupaten setempat, Selasa (27/2/2018).

Ketiga pasien yang dikunjungi Miswar Fuady ini ternyata masih tinggal satu atap, yakni Firmarullah (23) yang menderita batu ginjal yang sudah komplikasi sejak setahun lalu, dan malam ini direncanakan akan dirujuk ke RSUZA Banda Aceh dengan menggunakan angkutan umum dengan biayanya ditanggung oleh BFLF Abdya yang bersumber dari sumbangan para dermawan.


Selanjutnya pasien bernama Nurma (37), pasien yang kurang beruntung ini menderita penyakit diabetes atau gula darah sejak 9 tahun lalu. Akibat tak memiliki biaya untuk berobat, luka penyakit nya sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga, BFLF Abdya menjemput pasien tersebut dan membawa ke RSUTP Abdya yang berada di Padang Meurante kecamatan Susoh, Abdya pada Sabtu malam (24/2) guna mendapatkan penanganan medis, serta menanggung biaya makan buat suami nya yang mendampingi nya setiap hari.

"Nurma sudah diminta untuk amputasi, biaya pengobatan memang sudah gratis, tapi biaya untuk keluarga yang mendampingi tidak ada, sehingga harapan untuk berobat pupus," ungkap Ketua BFLF Abdya, Nasruddin Oos mengutip pernyataan keluarga pasien.

Sementara itu, Nek Anisa (88) yang juga direncanakan akan didampingi BFLF Abdya untuk berobat ke RSUZA Banda Aceh juga terputus harapan nya, pasalnya, pasien Nek Anisa yang diserang penyakit mendekati lumpuh ini, tak mendapatkan surat rujukan dari pihak rumah sakit setempat.


"Rujukan dari Puskesmas sudah diberikan, tapi dari pihak rumah sakit tidak bersedia dikeluarkan, alasannya karena tidak dirawat di rumah sakit," sebut salah seorang keluarga pasien, Yusmarita saat berbincang-bincang bersama Oos.


Dalam kunjungan itu, Miswar Fuady menyerahkan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada keluarga yang akan mendampingi pasien di Banda Aceh nantinya, sedangkan untuk tempat tinggal sementara, disana sudah tersedia Rumah Singgah BFLF Pusat, dan bagi keluarga bisa tinggal dirumah singgah itu buat sementara.

"Sumbangan ini dari para dermawan, semoga bermanfaat bagi pak Firmarullah dan keluarga disana nanti," ujar Miswar Fuady saat menyerahkan sumbangan itu yang diterima Yurmarita.

Tak hanya itu, Dewan Pakar BFLF Abdya, Miswar Fuady, mengatakan sakit itu merupakan cobaan, dan diharapkan pasien dan keluarga tetap bersabar walaupun harus menghadapi berbagai tantangan dan halangan. Ia bersama rekan BFLF Abdya lainnya akan membantu memberi pendampingan supaya pasien mendapatkan perawatan intensif dari pihak medis.


Muhammad Taufik


Don't Miss