Responsive Ad Slot

PHBI Gampong Blang Padang Gelar Sayembara 'Harapan Gampong'

Sabtu, 14 April 2018

Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) gampong (desa) Blang Padang kecamatan Tangan-Tangan kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar sayembara bagi putra-putri gampong generasi bangsa dan agama sejak Minggu malam 8 April 2018.

Pelaksanaan sayembara tersebut dalam rangka memperingati Isra Mi'raj Nabi besar Muhammad SAW. Hal ini disampaikan Ketua Panitia, Rahmad Ilham, disela-sela jelang ceramah berlangsung, Jum'at (13/4/2018) malam.

"Sayembara ini kita laksanakan dalam rangka Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW," kata Rahmad Ilham.

Rahmad juga mengatakan, antusias peserta atas dukungan orang tuanya, peserta yang mengikuti sayembara ini mencapai seratusan peserta dari berbagai tempat pengajian Al Qur'an (TPA) dalam gampong setempat.

"Peserta yang mengikuti sayembara ini antusias nya sangat luar biasa, mulai dari yang berusia sekolah SMA sederajat, SMP sederajat, SD sederajat hingga anak-anak yang masih berusia enam (6) tahun yakni TK," katanya.

Hal tersebut juga dibenarkan pimpinan pesantren Dayah Darul Muttaqin, Tgk. T. Ampon Afrijal, sayembara harapan gampong telah berlangsung selama enam malam terakhir.

"Dengan pelaksanaan sayembara ini kita harapkan, akan lahir generasi Islam yang bertaqwa dan mampu menjadi da'i-da'i yang handal," harap Tgk. Ampon.

Tgk Ampon juga mengapresiasi kepada orang tua peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam sayembara tersebut, dimana, peran orang tua sangat berpengaruh dalam hal menjadikan anak memiliki keberanian tampil dihadapan khalayak ramai.

"Alhamdulillah partisipasi orang tua sangat luar biasa, namun, didikan kepada anak bukanlah ketika sayembara saja, tapi, terus di didik dan arahkan mereka (anak-anak) ke tempat pengajian atau pesantren," pinta pimpinan pesantren ini.

Disampaikan, adapun sayembara yang digelar kategori Azan tingkat anak-anak, Azan tingkat remaja, Tilawatil Al Qur'an tingkat remaja, hafalan surat pendek anak-anak masih kelas 1 sampai dengan 3 SD sederajat dan TK, pidato tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, serta sayembara Syarhil Quran tingkat remaja dan dewasa.

Pada malam penutupan perayaan sayembara turut diisi ceramah oleh Tgk Abdul Rani Ketua MPU kabupaten Aceh Barat, yakni menyangkut perjalanan Nabi Muhammad SAW ketika Isra Mi'raj. Dalam kesempatan itu ikut hadir Wabup Abdya, Muslizar. MT, Ketua LPTQ Abdya, Tgk Nyak Umar, Plt Camat Tangan-tangan, Jamadi, Imam Mesjid gampong Blang Padang, Tgk. Ruslan, Keuchik gampong Blang Padang, Marta Dinata.
Don't Miss