Responsive Ad Slot

Santuni Anak Yatim, ANGKASA: Tahun Ini Istimewa

Rabu, 13 Juni 2018


Di penghujungRamadhan, adalah momentum para umat Islam semakin menggencarkan sedekah, serta berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan guna membantu sesama.

Seperti yang dilakukan Alumni Angkatan ke dua puluh satu Madrasah Ulumul Qur'an (ANGKASA MUQ) pada bulan ramadhankkm kali ini. Para alumni yang sudah satu dekade meninggalkan salah satu pondok pesantren tertua di Aceh, kembali menggelar acara santunan serta buka puasa bersama dengan anak yatim. Agenda seperti ini, sudah menjadi rutinitas sahabat Angkasa setiap tahunnya, bahkan hari-hari besar Islam lainya pun dimanfaatkan dalam membantu sesama.

Ferdi Rezkyansyah selaku Ketua panitia mengatakan, acara santunan anak yatim seperti ini, sudah sering dilaksanakan para Angkasa, bahkan dalam satu tahun, bisa 2 hingga 3 kali menggelar acara santunan, namun bentuknya yang berbeda.

"Sebenarnya sih, santunan-santunan ataupun sejenisnya sudah sering kita laksanakan, karena ini bagian visi-misi angkasa dalam Hablum  Minannas (hubungan sesama manusia)," ucapnya.

Lanjutnya, Tahun ini sedikit istimewa, selain yang hadir lebih dari 50 Alumni, ikut serta hadir juga para alumni yang berkarir di luar Aceh, ini juga menjadi tahun pertama untuk penyantunan anak yatim khusus dibulan ramadhan, dengan jumlah 26 anak, dengan rincian 15 Kab. Bireun Aceh Jeumpa, 1 Kec. Bayeun Aceh Timur, 10 di Kota Langsa Nanggroe Aceh Darussalam. Kedepannya berharap, santunan ini bisa bertambah.

"Memang tahun ini sangat istimewa sekali lah, selain kedatangan para sahabat yang sudah membangun karir di luar Aceh, ini Alhamdulilah tahun pertama kita menggelar santunan khusus ramadhan, sebelumnya kita hanya moment hari besar Islam lain, seperti maulid, harapan tahun depan bisa lebih banyak, ramadhan ini Alhamdulillah kita santuni 26 anak, target setiap tahun naik 25%", paparnya.

Ditemui tempat terpisah, Komisaris Leting (Komting) Angkasa menyampaikan, agenda seperti ini menjadi salah satu cara dalam membangun kesadaran manusia khususnya umat Islam, untuk meringankan tangan dalam membantu sesama, selain itu menyisihkan sedikit harta untuk yang membutuhkan sebuah cara yang diajarkan Islam untuk mensucikan sebagai harta yang kita miliki.

"Selain niat kita berbagi, dasarnya jelas untuk membangun kesadaran sesama, bahwa masih ada yang membutuhkan uluran tangan kita, selain itu ajaran Islam pun jelas dalam hadits disebutkan, memang sedekah itu bagian kita mensucikan harta", tutupnya sambil tersenyum. (*)
Don't Miss