Responsive Ad Slot

Hina Profesi Wartawan, Akun Syahril Swallow II Dipolisikan

Rabu, 04 Juli 2018

Sejumlah wartawan di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendatangi Mapolres Abdya dalam hal melaporkan akun Facebook milik Syahril Swallow II karena dianggap telah melakukan pencemaran nama baik wartawan, ini dilakukan pada, Rabu (4/7/2018).

Kedatangan sejumlah wartawan ini diterima oleh Kanit Tipiter Reskrim Polres Abdya, Brigadir Aulia Fallah. Hal ini setelah menemui Bripka Amir Ronal di ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SKPT) Mapolres setempat.

Aduan sejumlah wartawan Abdya didampingi Ketua YARA Abdya, Miswar. Mustafarudin, sebagai wartawan Abdya mengaku tak nyaman dengan status Syahril Swallow II yang telah melakukan pencemaran nama baik di dinding akun facebooknya.

"Ini serius, sebab, status di akun Facebook Syahril Swallow telah mencemarkan nama baik profesi wartawan, dan ini tidak bisa kita terima," ujar Mustafa.

Lebih lanjut, Mustafa mengutarakan selama ini para jurnalis di Abdya bekerja sangat profesional, sehingga pernyataan yang dilayangkan pemilik akun tersebut melalui statusnya sudah sangat mencidrai profesi wartawan di Abdya, karena di status itu dia menyebut hanya jurnalis Abdya atau Tanoh Sigupai yang merupakan icon Abdya.

"Yang dimaksud dia (Syahril) itu siapa, kami perlu penjelasan darinya, sebab jangan sesuka hatinya dengan profesi jurnalis ini," ungkap nya.

Ditegaskan, laporan tersebut akan dikawal pihaknya hingga tuntas karena sudah sejak bertahun tahun dirinya dan rekan lainnya mengeluti profesi sebagai jurnalis di Abdya tidak ada satupun media mereka yang pernah bermasalah dengan hukum karena memberitakan hal yang hanya sesuai dengan apa yang disampaikan saja serta beberapa item lain seperti yang disebut pemilik akun itu.

"Sebagai wartawan, Syahril sudah menghina profesi kami, persoalan ini akan kami kawal hingga tuntas, kami berharap dia harus bertanggungjawab," tegas Mustafa wartawan Portal Rubernews.com di wilayah Abdya ini.

Sementara Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan melalui Kanit Tipiter Polres Abdya, Aulia Fallah juga membenarkan bahwa sejumlah awak media telah menyambanginya diruang kerja seraya menyerahkan berkas  hasil Screenshot status akun facebook Syahril Swallow II yang dinilai menghina profesi jurnalis Abdya.

"Ini (laporan) kita terima dulu dan kita kaji dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Dalam waktu dekat terlapor akan  kita panggil," kata Aulia Fallah.

Adapun status pemilik akun facebook bernama Syahril Swallow II yang dinilai mencemari nama baik jurnalis di Abdya adalah.

"Miris Kondisi Tanoh Sigupai, sebagian Oknum Wartawan Bungkam Menyuarakan Kebenaran.
Lage Brat Siblah ,Patut dipertanyakan etika jurnalistiknya ni .
Cerape Dipegah, cerape dimuat.
Nak Wahyu Candra bang Saharuddin Sira Nanda Mandala Putra Dek Young .
#BagiYangMerasa".

Muhammad Taufik
Don't Miss