556 KK di Bantaran Sungai Barito Sukses Direlokasi

Sebanyak 556 warga bantaran Sungai Barito di Desa Lawang Kajang, Kecamatan Timpah dan Desa Kaburan, Kecamatan Pasak Talawang, Kabupaten ...

Sebanyak 556 warga bantaran Sungai Barito di Desa Lawang Kajang, Kecamatan Timpah dan Desa Kaburan, Kecamatan Pasak Talawang, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah telah selesai direlokasi.  

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungan ke daerah relokasi di Desa Lawang Kajang, Minggu (26/2) mengungkapkan setelah pemindahan warga selesai, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan fasilitas sosial dan fasilitas umum. 

"Saya mohon kepada Pemkab Kapuas menyiapkan berdirinya posyandu untuk bayi dan balita. Anak-anak di sini harus dekat dengan layanan pendidikan dan kesehatan," kata Mensos yang disambut tepuk tangan warga. 

Di posyandu, lanjutnya, para ibu dapat memantau tumbuh kembang bayi dan balita melalui pengukuran tinggi badan dan berat badan yang dicatatkan dalam Kartu Menuju Sehat atau KMS), mendapat layanan Keluarga Berencana (KB), imunisasi gratis, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pemberian vitamin A gratis, serta edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat. 

Perlindungan Korban Bencana
Mensos mengatakan relokasi warga dari daerah terdampak banjir tidak bisa ditawar lagi. Langkah ini mesti ditempuh untuk menyelamatkan dan melindungi warga dari bencana. Terlebih, musibah banjir yang dialami warga Desa Lawang Kajang dan Desa Kaburan ini setiap tahun hampir bisa dipastikan terjadi bahkan sering setahun dua kali. 

"Saya bersyukur sekali warga dengan suka rela mau dipindahkan ke tempat yang baru. Semoga tidak ada lagi rumah yang terkena  banjir dan warga juga tidak was-was lagi ketika terjadi hujan deras karena lokasi baru ini cukup jauh dari sungai dan datarannya relatif tinggi," tambahnya. 

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat mengungapkan upaya relokasi warga telah dilakukan mulai 2015 hingga 2016. 

Ia merinci, pada 2015 telah direlokasi sebanyak 185 kepala keluarga dari Desa Lawang Kajang, Kecamatan Timpah. Tahun berikutnya telah direlokasi tambahan sebanyak 371 kepala keluarga dari Desa Lawang Kajang, Kecamatan Timpah dan Desa Kaburan, Kecamatan Pasak Talawang. 

Dalam kunjungan tersebut Mensos menyerahkan bantuan logistik, bantuan sembako, dan bahan bangunan rumah senilai total Rp11.505.686.777. 

Salah seorang warga yang telah menempati hunian baru di tempat relokasi, Nurlita (30) mengatakan bantuan dari Kementerian Sosial tersebut sangat bermanfaat. Sambil menyunggingkan senyum, ibu dua anak ini mengungkapkan keluarganya sangat lega karena tidak lagi terkena dampak banjir yang tiap tahun terjadi di Desa Lawang Kajang. (*)
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: 556 KK di Bantaran Sungai Barito Sukses Direlokasi
556 KK di Bantaran Sungai Barito Sukses Direlokasi
https://1.bp.blogspot.com/-4t-yTE9R7u4/WLN2hQ7KbcI/AAAAAAAABNY/9hhq1gPiR7wYOInbPyRgz9JNVQKK9c2OwCK4B/s640/IMG-20170219-WA004-792047.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4t-yTE9R7u4/WLN2hQ7KbcI/AAAAAAAABNY/9hhq1gPiR7wYOInbPyRgz9JNVQKK9c2OwCK4B/s72-c/IMG-20170219-WA004-792047.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/02/556-kk-di-bantaran-sungai-barito-sukses.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/02/556-kk-di-bantaran-sungai-barito-sukses.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy