Bahaya Kebijakan Bulog Akuisisi PT GMM

Komisi VI DPR mempertanyakan kebijakan Perum Bulog mengakuisisi perusahaan gula PT Gendhis Multi Manis (PT GMM). DPR menilai kebijakan aku...

Komisi VI DPR mempertanyakan kebijakan Perum Bulog mengakuisisi perusahaan gula PT Gendhis Multi Manis (PT GMM). DPR menilai kebijakan akuisisi ini tidak strategis dan berpotensi merugikan negara.

Anggota Komisi VI DPR Nasril Bahar menilai, kebijakan Bulog mengakuisisi saham PT GMM sebesar 70 persen patut dipertanyakan. Sebab, akuisisi tersebut tidak dilakukan dengan pembelian saham 100 persen.

"PT GMM yang diakuisisi Bulog itu kan otomatis akan menjadi anak perusahaan. Jadi kenapa akuisisi hanya 70 persen saham, berarti ada sisa saham 30 persen yang dimiliki pihak selain Bulog," katanya kepada wartawan di Jakarta, hari ini.

Menurutnya, sangat merugikan apabila akuisisi perusahaan swasta oleh Bulog dilakukan cuma 70 persen. Berarti ada 30 persen saham yang dikuasai oleh perorangan atau kelompok tertentu. "Ada orang yang akan menikmati keuntungan besar dari kebijakan akusisi Bulog ini. Sebab, dengan keistimewaannya Bulog itu BUMN yang duduk manis saja untung," ujarnya.

Dijelaskannya, Bulog setiap tahun mendapatkan kewenangan istimewa dari negara untuk melakukan impor gula. Selain itu, Bulog juga diberikan previlege mengimpor bahan baku kebutuhan pokok nasional lain, dan mendapatkan bantuan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari APBN.

"Kalau akuisisi Bulog cuma 70 persen, berarti ada pemilik saham 30 persen PT GMM yang bisa menikmati keuntungan besar yang diperoleh Perum Bulog tiap tahunnya. Memangnya Bulog mau dipergunakan untuk memperkaya orang atau kelompok tertentu?" tanyanya.

Nasril menyampaikan, sepengetahuannya sebelum diakuisisi Bulog, PT GMM adalah perusahaan gula yang sedang bermasalah dan terlilit utang di lembaga perbankan. Sehingga aneh kalau Bulog mengakuisisi perusahaan yang tidak sehat, dan membayarnya dengan nilai pembelian puluhan miliar.

"Ada skenario apa Bulog mengakuisisi dengan mengeluarkan dana besar untuk PT GMM terlilit utang di bank? Enak sekali pemilik PT GMM yang perusahaannya dibeli Bulog saat kreditnya macet, cuma 70 persen lagi," ujarnya.

Politisi PAN ini mengusulkan, dilakukan audit atas kebijakan akuisisi Bulog tersebut. Kata dia, audit perlu dilakukan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan dengan melibatkan stakeholder terkait.

"Kita khawatir ada yang mengeksploitasi Bulog demi keuntungan tertentu. Jika hal ini terjadi, maka yang dirugikan ujung-ujung bangsa dan negara karena Bulog itu BUMN yang memegang hak monopoli komoditas tertentu," tegasnya.

Nasril juga berharap, publik mendapatkan informasi tentang siapa sisa pemilik 30 persen saham PT GMM setelah diakuisisi Bulog. "Bahaya betul kalau sampai mafia gula yang memiliki saham," ingatnya.

Direktur Keuangan Perum Bulog Iryanto Hutagaol mengungkapkan, dana Rp77 miliar dirogoh Bulog dari kas internal untuk mengakuisisi PT GMM.
Menurutnya, akuisisi menjadi momentum untuk memperkuat Bulog menjadi stabilisator harga gula nasional.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Bahaya Kebijakan Bulog Akuisisi PT GMM
Bahaya Kebijakan Bulog Akuisisi PT GMM
https://4.bp.blogspot.com/-yEJ8uZKbEL4/WLLjkPEXnzI/AAAAAAAABMo/PnPTCovwRS4cL5iAwgCcgxvR4aN1XrDhgCK4B/s640/gula-771841.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-yEJ8uZKbEL4/WLLjkPEXnzI/AAAAAAAABMo/PnPTCovwRS4cL5iAwgCcgxvR4aN1XrDhgCK4B/s72-c/gula-771841.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/02/bahaya-kebijakan-bulog-akuisisi-pt-gmm.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/02/bahaya-kebijakan-bulog-akuisisi-pt-gmm.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy