BKSAP DPR Lobi Negara Amerika Latin

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Syaifullah Tamliha menyampaikan bahwa DPR akan berupaya keras melobi negara-negara di ...

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Syaifullah Tamliha menyampaikan bahwa DPR akan berupaya keras melobi negara-negara di Amerika Latin untuk mendukung Indonesia menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB.

"Kami mendorong negara Amerika Latin untuk memberikan dukungan pencalonan Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB untuk periode 2019-2020," katanya dalam pertemuan yang disampaikan saat bertemu Menlu Ekuador Guillaume Long di Quito Ibukota Ekuador.

Syaifullah menyampaikan niat Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB sangat serius. DPR, kata dia, sejak awal tahun ini sudah melakukan lobi untuk meminta dukungan dari berbagai negara di kawasan Amerika Latin, seperti Venezuela, Argentina, Brazil, Peru, Chili dan lainnya.

"DPR melalui BKSAP akan melakukan langkah-langkah diplomasi untuk mendukung keinginan pemerintah. Kita optimistis Indonesia bisa mendapat dukungan dari negara di Amerika Latin," cetusnya.

Anggota Komisi I DPR ini menyampaikan, tujuan Indonesia menjadi anggota tidak tetap, salah satunya adalah untuk mewujudkan kedamaian dunia, dan mendukung agenda politik bebas aktif sebagaimana diamanatkan para pendiri negara.

"Kami baru bertemu dengan pemerintah Ekuador, dan bersepakat akan saling mendukung pencalonan keanggotaan bukan hanya di dewan keamanan, tapi juga pada keanggotaan badan-badan internasional," ujarnya.

Politisi PPP menjelaskan, Indonesia  mempunyai peluang yang cukup besar untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, mengingat dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah mengirimkan pasukan untuk menjaga perdamaian.

Beberapa negara dari ASEAN dan sebagian negara Eropa, kabarnya juga sudah mendukung Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

"Amerika Latin strategis untuk mendukung kita kebijakan politik beberapa negara di sana sejalan dengan politik internasional Indonesia," ujarnya.

Dia menegaskan, Indonesia akan membawa sejumlah agenda kemanusiaan jika terpilih menjadi anggota tidak tetap. Di antaranya masalah pengungsi, pemberantasan terorisme, tata kelola pemerintahan, isu kesehatan dan hak pembangunan.

Isu khusus lain yang akan dikampanyekan masalah perdagangan dan ekonomi global, perubahan iklim.
Syaifullah juga menyampaikan komitmen Indonesia dalam meningkatkan representasi perempuan di parlemen, menurunkan angka kematian ibu, meningkatkan akses kesehatan perempuan, dan meminimalisasi kekerasan perempuan.

"Kerja Sama perdagangan dan investasi dengan negara Amerika Latin juga kita komunikasikan karena sangat strategis. BKSAP roadshow kesini dalam rangka membantu diplomasi pemerintah," tuturnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: BKSAP DPR Lobi Negara Amerika Latin
BKSAP DPR Lobi Negara Amerika Latin
https://2.bp.blogspot.com/-ai1ZBYqc4gE/WLBD8t89skI/AAAAAAAABIs/wsG2MHXyZ0QBcQro008zyS8oDmJD-6rSQCK4B/s640/Foto%2BSyaifullah%2BTamliha-737740.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ai1ZBYqc4gE/WLBD8t89skI/AAAAAAAABIs/wsG2MHXyZ0QBcQro008zyS8oDmJD-6rSQCK4B/s72-c/Foto%2BSyaifullah%2BTamliha-737740.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/02/bksap-dpr-lobi-negara-amerika-latin.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/02/bksap-dpr-lobi-negara-amerika-latin.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy