Keruk Sampah, Menyelam Hingga ke Dasar Got. Muncul ke Permukaan Minta Es Teh, Netizen Terharu

Netizen angkat tabik pada aksi heroik Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau jamak dikenal Pasukan Oranye dalam membersihk...

Netizen angkat tabik pada aksi heroik Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau jamak dikenal Pasukan Oranye dalam membersihkan got tersumbat pascabanjir di Jakarta. Pasalnya got-got sempit yang tersumbat oleh sampah dikeruk dan dibersihkan secara manual.

Salah satu pasukan oranye, seperti terlihat dalam video yang diposting akun Facebook Irfan Jussadi bahkan menyelam hingga ke dasar got untuk mengambil sampah. Tidak memakai peralatan pengaman sama sekali. Air got yang kotor tidak membuat petugas kebersihan ini enggan mengeruk sampah.

Dalam video berdurasi 1 menit 43 detik itu, awalnya memperlihatkan lobang persegi di badan trotoar yang berisi penuh air yang hitam pekat. Lobang ini adalah akses petugas untuk masuk ke dalam got. Tiba-tiba dari lobang tersebut muncul ke permukaan sesosok pria muda mengenakan t-shirt warna merah dari dasar got. 

Dengan tangannya, Ia tampak mengelap muka yang penuh lumuran air got. Kemudian di tangan sebelah kanannya terlihat mengeluarkan cangkul berisi lumpur dan sampah, lalu menyerahkan kepada ke dua rekannya yang sigap menunggu di atas. Menoleh ke kiri, Ia seperti tengah melihat penjaja minuman.

"Cak, es donk es...," pinta pria ini dari dalam got kepada penjaja minuman, usai menyerahkan cangkul kepada rekannya.

"Teh manis aja cak, jangan es itu," sahut rekannya melarang pria di dalam got minum es.

Tidak membantah, lalu mengiyakan larangan rekannya pada penjaja minuman yang berada tak jauh dari mereka. Sekejap kemudian, Ia kembali hilang, tenggelam ke dasar got yang hitam itu. Lumayan lama tidak muncul. Rekannya tampak siap siaga menjulurkan kedua tangan.

Tiba-tiba kepala pria yang di dalam got keluar kembali, lalu menarik nafas dalam-dalam. Seperti biasa Ia kembali menyerahkan cangkul berisi hasil kerukannya. Begitulah seterusnya hingga video ini berakhir.

Tak ayal, video ini langsung diserbu komentar para facebookers. Hampir semuanya berdecak kagum dan terharu. Dinding komentar penuh dengan pujian atas kegigihan pasukan oranye ini.

"Luar biasa harus diacungin jempol," komen akun facebook Maslan Dina Purba.

"Power ranger Orange is real," timpal akun Nova Rian Alexander.

"Subhanallah," ucap Wawi Sudrajat.

Sedangkan akun Novieta Wibowo meminta pak Ahok, atau Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta untuk memberik jaminan kesehatan dan perlengkapan kerja kepada pasukan oranye ini.

"Pak Ahok #Ahok, tolong perhatikan jaminan kesehatan dan perlengkapan kerja pasukan-pasukan ini, mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa," tulisnya dengan menambahkan emoticon simbol cinta.

"Pake tali pengaman donk. Ya Tuhan, pengorbanan kalian luar biasa. Semoga dalam lindungan Tuhan YME," kata akun Yosep Mahuse.

"Standing Ovation buat si Mas," ujar perempuan berkerudung hijau dengan nama akun Mey Yusie S. Sidha.

Akun Cherry Pratama tampak sangat khawatir. Ia meminta petugas menggunakan baju khusus dan tali pengaman ketika masuk ke dalam got tersebut.

"Pake baju dan tali pengaman... Kit nggak pernah tahu apa yang ada di dalam sana. Kalian sangat istimewa, subhanallah," pujinya.

Sementara akun Joko Indaryanto membanding-bandingkan aksi heroik pasukan oranye ini dengan Presiden Joko Widodo, yang memang ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta sempat beberapa terekspos media juga ikut terjun langsung ke dalam got.

"Ngalah-ngalahin Jokowi yang cuman nyemplung got kosong... Calon presiden nih...," nilainya dengan membubuhkan emoticon tiga jempol.

"Ya Allah anak itu... Ati-ati matanya naaak... Apapun ada di dalam air kotor itu," pesan akun Mudjimoge Hardjanto, terharu.

Melihat video ini, akun Abdul Rosyid mengingatkan warga yang doyan buang sampah sembarangan.

"Yang masih suka buang sampah sembarangan... mikir tuh... liat perjuangan mati-matian bersihin sampah," tandasnya.

Diberitakan kumparan.com, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku sudah mengetahui informasi anggota PPSU atau pasukan oranye yang menyelam di got dalam video yang viral di media sosial. Ahok menyebut hal itu sudah biasa dilakukan.

"Ya saya sudah tanya kenapa enggak mau pakai kacamata dan alat keamanan, mereka bilang lebih enak. Mereka bilang sering begitu," ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (22/2). 

Ahok mengaku khawatir akan kondisi mata mereka yang terkena air got, pasalnya kondisi airnya hitam pekat. 

"Saya juga takut kena matanya. Tadi Pak Teguh (Sudin Tata Air) bilang, yang mau harus belikan alat yang lengkap," perintah Ahok. 

Hingga berita ini diturunkan, video aksi heroik pasukan oranye ini mendapat respon 83 ribu kali. Reaksinya ada 5,8 ribu jempol, 1,1 ribu emoticon love, dan 1,1 ribu emoticon takjub. Namun ada pula 454 akun merespon dengan emoticon sedih dan 14 akun ketawa. Selain itu video ini sudah dibagikan hingga 28.914 kali.

KOMENTAR

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Keruk Sampah, Menyelam Hingga ke Dasar Got. Muncul ke Permukaan Minta Es Teh, Netizen Terharu
Keruk Sampah, Menyelam Hingga ke Dasar Got. Muncul ke Permukaan Minta Es Teh, Netizen Terharu
http://2.bp.blogspot.com/-K1hF6D0WlEg/WK2WXJAK7SI/AAAAAAAABD8/Nfv22F0ldaAPEJcd6aO96U8YaBz4UNg2gCK4B/s320/IMG_20170222_204446-728342.png
http://2.bp.blogspot.com/-K1hF6D0WlEg/WK2WXJAK7SI/AAAAAAAABD8/Nfv22F0ldaAPEJcd6aO96U8YaBz4UNg2gCK4B/s72-c/IMG_20170222_204446-728342.png
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/02/keruk-sampah-menyelam-hingga-ke-dasar.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/02/keruk-sampah-menyelam-hingga-ke-dasar.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy