Mensos Minta 'Sadikin' dan 'Jamila' Tidak Ada Lagi

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kementerian Sosial yang telah berjala...

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kementerian Sosial yang telah berjalan di 50 kabupaten diharapkan dapat menyisir dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan. 

"Saya berharap dengan adanya sistem ini tidak ada lagi Sadikin dan Jamila. Sadikin itu sakit sedikit jadi miskin, kalau Jamila jadi miskin lagi," ujar Mensos dalam sambutannya saat mengunjungi SLRT Sapantun Dinas Sosial Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (25/2).

Mensos mencontohkan ketika di satu wilayah terjadi bencana, maka akan menambah jumlah orang miskin. Demikian halnya ketika ada keluarga yang sakit dan tidak terjangkau Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan berobat menggunakan uang pribadi, akan menambah jumlah keluarga yang tak mampu.

"Maka dengan​ adanya SLRT, pembaruan atau _updating data_ dapat cepat dilakukan dan keluarga tersebut dapat segera tertangani," paparnya.  

Dikatakan Khofifah, pembaruan data sangat penting. Sementara untuk menunggu pemutakhiran data oleh pemerintah puaat memerlukan waktu yang panjang dan biaya yang besar. 

"Maka kita gunakan SLRT. Harapannya ini menjadi solusi percepatan pelayanan kepada masyarakat," katanya.  

SLRT merupakan sistem yang mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan. Sistem ini menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola pemerintah (pusat, provinsi, kabupaten/kota) sesuai dengan kebutuhan mereka. 

SLRT juga membantu mengidentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan, dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik. 

Dalam pelaksanaannya, SLRT bersinergi dengan kementerian dan lembaga lain yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Saat ini SLRT telah tersebar di 50 kabupaten. Di setiap kabupaten terdapat fasilitator dimana satu fasilitator bertanggung jawab atas satu desa. Mereka bertugas melakukan verifikasi dan menghimpun informasi dari masyarakat.  


*Bagikan Rastra*
Selain meninjau SLRT, dalam kunjungannya ke Kabupaten Tapin, Mensos juga menyalurkan Beras Sejahtera (Rastra) kepada 6.768 keluarga penerima manfaat. 

Penyerahan secara simbolis kepada 10 penerima dilakukan Gudang  Bulog Baru Birik, Sub Divre Barabai, dihadiri 150 keluarga penerima manfaat.

Dalam penyaluran kali ini penerima rastra yang hadir mendapat 30 kilogram beras untuk pencairan Januari dan Februari. Warga tampak antusias mengambil beras rastra karena kali ini biaya tebusnya telah dibayarkan Kemensos. 

"Alhamdulillah dapat 30 kilo beras dan bantuan sandang dari Ibu Menteri," demikian ujar penerima rastra Masriah (40).  (*)
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Mensos Minta 'Sadikin' dan 'Jamila' Tidak Ada Lagi
Mensos Minta 'Sadikin' dan 'Jamila' Tidak Ada Lagi
https://4.bp.blogspot.com/-j8XrUDoFoHA/WLGNel8-LDI/AAAAAAAABKE/q7JTOAQmC8cgs_up0cCfPvNMHXBd5p1OgCK4B/s640/IMG-20170225-WA020-797682.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-j8XrUDoFoHA/WLGNel8-LDI/AAAAAAAABKE/q7JTOAQmC8cgs_up0cCfPvNMHXBd5p1OgCK4B/s72-c/IMG-20170225-WA020-797682.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/02/mensos-minta-sadikin-dan-jamila-tidak.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/02/mensos-minta-sadikin-dan-jamila-tidak.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy