Tim Rano-Embay Tuntut KPU Pemilihan Ulang

Ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017, semakin memanas. Situasi itu terkait ditemukannya be...

Ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017, semakin memanas. Situasi itu terkait ditemukannya beberapa dugaan pelanggaran, dan bahkan ada dugaan "permainan" yang dilakukan oleh pihak penyelenggara KPU Provinsi terhadap proses pelaksanaan pemilukada di Provinsi Banten tersebut.

Dengan adanya indikasi itu, Tim Pemenangan pasangan calon (paslon) nomer urut 2, Rano Karno-Embay Mulya Syarief, melalui pernyataan sikapnya, menolak dilakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di 4 (empat) TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan menuntut pihak penyelenggara menggelar pemilihan ulang se-Kota Tangerang. 

"Kami dengan tegas menolak PSU yang digelar hari ini, Sabtu (25/02/2017). Seharusnya, pencoblosan ulang ini dilakukan di seluruh kecamatan di Kota Tangerang," ujar Irjen Pol (Purn) Eddy Kusumawijaya, Tim Pemenangan Rano-Embay saat dijumpai rekan wartawan usai menyaksikan gelar pengaduan oleh saksi-saksi TPS yang diadakan Badan Saksi Pemilu Nasional PDI Perjuangan di Gedung Serbaguna Komplek Patal, Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Sabtu (25/02/2017). 

Purnawirawan Polri yang juga menjabat sebagai anggota Komisi III DPR RI ini mengatakan, kecurangan yang terjadi di Pemilukada Banten ini disinyalir terjadi secara massive dan sistematis, serta diduga melibatkan pihak penyelenggara pemilu, khususnya untuk wilayah Kota Tangerang. 

"Kami menilai pihak Panwaslu Kota Tangerang, tidak bekerja secara profesional dan proporsional. Realita di lapangan, kami menemukan banyak kecurangan, tapi tak satupun yang jadi temuan pihak panwas. Ada apa ini mereka (paswaslu kota tangerang, red), sebenarnya kerja apa tidak?," cetusnya. 

Ditempat sama, Eddy mengatakan bahwa pihaknya tim hukum dari DPP PDI Perjuangan, saat ini tengah menginventarisir barang bukti dan saksi. Semua itu dibutuhkan untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

"Kami pada dasarnya tidak mempersoalkan menang atau kalah, tapi kita ingin seluruh proses kontestasi pilkada di Banten ini dilaksanakan secara 'jurdil' (jujur dan adil) dan transparan. Digelar tanpa disertai kecurangan dan pelanggaran, sehingga mampu mengasilkan pemimpin yang kredibel," tandasnya. 

Sementara itu, menurut Sekretaris Badiklatda DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Suparmi secara gamblang mengatakan, indikasi terjadinya kecurangan itu bisa dilihat jelas, salah satunya adalah surat keterangan (suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kota Tangerang. Pasalnya, dari sekitar 125 ribu suket, ada sebanyak 28 ribu lembar Suket tanpa dilengkapi dengan foto, yang merupakan permintaan dari KPU Kota Tangerang.

"Ya, bagaimana bisa suket ini dipastikan keasliannya, sedangkan foto warganya saja tidak ada. Selain itu, untuk hal ini seharusnya jadi kepentingan warga yang bersangkutan, kenapa jadi urusan KPU," kata wanita yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Tangerang itu.

Selain itu, dirinya juga mendapat informasi bahwa suket ini di drop oleh pihak kelurahan ke tiap-tiap TPS, dua minggu sebelum hari pencoblosan. 

"Saya harap pihak KPU Provinsi selaku penyelenggara pemilukada  bisa bekerja secara profesional. Kalau seperti ini kan, bisa kita pertanyakan indepedensinya sebagai sebuah lembaga negara," pungkasnya.‎ (TIM-W)

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Tim Rano-Embay Tuntut KPU Pemilihan Ulang
Tim Rano-Embay Tuntut KPU Pemilihan Ulang
https://4.bp.blogspot.com/-o7SvnFOqSqU/WLGyANfoK7I/AAAAAAAABLQ/Rp-WO7w7qKALs4DywClCHYt7006muYOwQCK4B/s640/IMG-20170225-WA032-748014.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-o7SvnFOqSqU/WLGyANfoK7I/AAAAAAAABLQ/Rp-WO7w7qKALs4DywClCHYt7006muYOwQCK4B/s72-c/IMG-20170225-WA032-748014.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/02/tim-rano-embay-tuntut-kpu-gelar.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/02/tim-rano-embay-tuntut-kpu-gelar.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy