Rp 200 Juta Per Bulan dari Tanah Bengkok

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Desa Wisata Agro Pujo Kidul, Kabupaten Malang, Sabtu (11/3). Dalam kunjungan tersebu...

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Desa Wisata Agro Pujo Kidul, Kabupaten Malang, Sabtu (11/3). Dalam kunjungan tersebut Mensos memuji upaya pemerintah daerah bersama BUMN, BUMD dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga setempat. 

"Desa Wisata Agro Pujon Kidul bisa menjadi _role model_ peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Ini konsep yang menarik dimana tanah yang ditanami untuk wisata agro sebagian besar merupakan tanah bengkok sehingga bisa menjadi pemasukan desa dan masyarakat desa," ujar Mensos sambil menyusuri jalan kecil yang diapit kebun sayuran dan buah-buahan. 

Khofifah mengungkapkan saat ini pendapatan desa dari wisata agro ini mencapai Rp200 juta per bulan. Jumlah yang cukup besar dan membanggakan dari upaya gotong royong warga. 

Mensos juga mengapresiasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang turut mendukung upaya peningkatan kesejahteraan warga Pujon Kidul melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ada dua BUMDes di wilayah ini yakni BUMdes Sumber Sejahtera dan BUMdes Bersama Bagus.  

"Jika Kelompok Usaha Bersama dan Program Keluarga Harapan (PKH) disatukan dengan program Desa Wisata Agro Pujon yang dikuatkan dengan BUMDes maka pergerakan ekonomi masyarakat Desa Pujon Kidul akan semakin meningkat," papar Mensos.

Mensos berharap format pengelolaan oleh masyarakat seperti Desa Wisata Pujon Kidul efektif dalam membangun pemerataan kesejahteraan dan menurunkan ketimpangan.


Wisata Edukasi

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Mensos menyampaikan ide agar anak-anak sekolah di Kabupaten Malang dan sekitarnya dapat diarahkan untuk mengunjungi Desa Wisata Agro. Anak-anak bisa berwisata sekaligus membudayakan makan sayur dan buah.  

"Para Kepala Sekolah dan guru bisa mengajak murid-muridnya melakukan wisata edukasi. Ajak mereka mengenal dan mencintai produk buah dan sayuran. Pengalaman menyenangkan ini tentu akan membuat proses belajar mereka jadi lebih menyenangkan dan akan mendorong kebiasaan makan buah dan sayur," tutur Kofifah. 

Desa Wisata Pujon Kidul Malang menawarkan beragam kegiatan yang menyenangkan. Ada wisata petik sayur, peternakan sapi, pengolahan susu, hingga outbound. Pemandangan yang tersaji seluas mata memandang juga sangat indah. Hamparan sawah hijau dan pegununganserta udara yang sejuk membuat pengunjung pasti betah berlama-lama di tempat ini. 

"Desa wisata ini sangat potensial menjadi wisata unggulan di Kabupaten Malang. Maka diperlukan pembinaan pada masyarakat untuk membangun dan mengelola tempat wisata sekaligus homestay yang juga dikelola warga," demikian Mensos. (*‎)

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Rp 200 Juta Per Bulan dari Tanah Bengkok
Rp 200 Juta Per Bulan dari Tanah Bengkok
https://1.bp.blogspot.com/-51ORNzhgG7A/WMX8XHk1NuI/AAAAAAAABjA/gA36oynPpHwoyjf-IHKLTKX5lhqEyOPyACK4B/s640/IMG-20170312-WA007-704190.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-51ORNzhgG7A/WMX8XHk1NuI/AAAAAAAABjA/gA36oynPpHwoyjf-IHKLTKX5lhqEyOPyACK4B/s72-c/IMG-20170312-WA007-704190.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/03/rp-200-juta-per-bulan-dari-tanah-bengkok.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/03/rp-200-juta-per-bulan-dari-tanah-bengkok.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy