Di Lubuk Linggau Razia Berdarah, Siapa yang Salah?

Brigadir K pelaku penembakan di Lubuklinggau Sumsel sudah diperiksa propam. Namun Indonesia Police Watch (IPW) berharap elit Polri dan p...

Brigadir K pelaku penembakan di Lubuklinggau Sumsel sudah diperiksa propam. Namun Indonesia Police Watch (IPW) berharap elit Polri dan publik bisa bijak melihat peristiwa penembakan itu.

Sehingga Brigadir K cukup diingatkan dan tidak perlu dikenakan sanksi karena apa yang dilakukannya adalah bentuk ketegasan seorang aparat kepolisian di lapangan dalam menghadapi situasi yang ada.

Tindakan tegas memang harus dilakukan polisi terhadap anggota masyarakat yang melakukan pelanggaran atau membahayakan orang lain. Apalagi saat itu korban yang mengendarai mobil tersebut menerobos razia polisi, kabur dan menghindar dari kejaran polisi, sehingga patut dicurigai pengendara itu sebagai pelaku kejahatan. Tentunya polisi tidak mau ambil risiko. 

Jika pengendara itu tidak bersalah kenapa dia menerobos razia dan menghindar dari kejaran polisi. Jadi tembakan yang dilepaskan Brigadir K itu sebagai sebuah tindakan tegas agar pengendara itu tidak membahayakan orang lain.

Hanya memang dalam proses penembakan itu perlu ditelusuri apakah penembakan itu sdh sesuai SOP atau belum. Artinya sebelum melepaskan tembakan ke sasaran, apakah polisi tersebut sudah memberikan tembakan peringatan ke udara. Jika sudah dan pengendara tetap melarikan diri, penembakan yang dilakukan polisi itu sebuah langkah yang tepat meskipun ada korban tewas.

Aparat kepolisian harus bertindak profesional, proporsional dan tegas agar anggota msrakat terlindungi dari pelaku kejahatan. Sebagai anggota polisi di lapangan, wajar jika Brigadir K mencurigai pengendara itu  sebagai kelompok tertentu kejahatan. 

Sebab itu elit-elit Polri perlu membela anggotanya yang sudah melakukan tindakan tegas dalam mengantisipasi terjadinya kejahatan di jalanan, meski akibat tindakan tegas itu ada korban jiwa. IPW berharap elit polri dan publik bersikap bijak melihat peristiwa ini.

Jika tidak, polisi di lapangan akan selalu ragu dan takut untuk bertindak tegas. Tapi kalau kapolres mengatakan peluru yang mengenai korban akibat pantulan dari tembakan terhadap ban, itu tentu salah kaprah.

Harusnya pimpinan kepolisian mengakui saja tembakan itu merupakan tindakan tegas yang harus dilakukan aparatnya di lapangan karena pengemudi berusaha melarikan diri saat dirazia. 

Bayangkan jika yang melarikan diri itu penjahat atau teroris yang kemudian melakukan kejahatan, tentu polisi juga yang akan disalahkan. Sebab itu, belajar dari kasus ini, masrakat tak perlu takut atau melarikan diri saat dirazia polisi. Kalau tidak salah kenapa harus takut. 

Tindakan itu harus dilakukan polisi. Sebab tidak ada yang tahu siapa di dalam mobil itu. Sementara pengendara tdk mau berhenti dan berusaha melarikan diri. Situasi ini bisa dipahami apalagi sebelumnya ada dua peristiwa penyerangan terhadap polisi di jatim dan jateng oleh kelompok teroris. Anggota polisi di lapangan tentu tidak mau ambil risiko dan polisi di lapangan juga tidak mau disalahkan msrakat, jika di dalam mobil yang kabur itu ternyara adalah pelaku kejahatan. 

Yang disayangkan adalah kenapa si pengendara melarikan diri dan tidak mau berhenti. 

Neta S Pane
Ketua Presidium Ind Police Watch


Foto: merdeka.com
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Di Lubuk Linggau Razia Berdarah, Siapa yang Salah?
Di Lubuk Linggau Razia Berdarah, Siapa yang Salah?
https://4.bp.blogspot.com/-DLjchSoZNv4/WPhl5q1DfNI/AAAAAAAACZw/8ElH_SsEOfoVMmXgD_qkdOKRCkN98CRJQCK4B/s640/20170419003800-1-mobil-diberondong-polisi-001-nanda-farikh-ibrahim-721903.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-DLjchSoZNv4/WPhl5q1DfNI/AAAAAAAACZw/8ElH_SsEOfoVMmXgD_qkdOKRCkN98CRJQCK4B/s72-c/20170419003800-1-mobil-diberondong-polisi-001-nanda-farikh-ibrahim-721903.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/04/di-lubuk-linggau-razia-berdarah-siapa.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/04/di-lubuk-linggau-razia-berdarah-siapa.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy