Ini Nama-nama Penerima Gelar Tokoh Perubahan Republika

‎Harian Republika akan menggelar acara malam penganugerahan Tokoh Perubahan 2016 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (25/4) mala...

‎Harian Republika akan menggelar acara malam penganugerahan Tokoh Perubahan 2016 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (25/4) malam. Acara tahunan yang diadakan media komunitas Muslim terbesar di Indonesia ini merupakan bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh yang mendorong program-program baru di berbagai bidang.

Mereka yang terpilih dan dinobatkan sebagai Tokoh Perubahan adalah sosok-sosok yang dinilai mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan melakukan perubahan di tengah masyarakat.
Ketua Panitia Tokoh Perubahan 2016 Subroto mengatakan, proses pemilihan tokoh perubahan diawali dengan mengamati usulan-usulan yang masuk kepada Republika. Usulan tersebut datang dari berbagai elemen masyarakat, mulai pegawai negeri sipil, tokoh masyarakat, birokrat, ulama, pengusaha, sampai masyarakat biasa.

"Semua usulan ini kemudian dipelajari profil portofolionya, lalu kami lakukan konfirmasi langsung agar kami yakin kalau tokoh-tokoh yang diusulkan tersebut benar-benar sesuai dengan semangat dan nilai-nilai penganugerahan tokoh perubahan," kata Subroto yang juga menjabat Redaktur Pelaksana koran Republika.

Menurut Subroto, selama satu tahun penuh sepanjang 2016, panitia menerima puluhan nama tokoh yang diusulkan menjadi Tokoh Perubahan 2016. Panitia bahkan sampai mengirimkan tim ke sejumlah daerah terpencil di Nusantara, termasuk ke wilayah timur Indonesia (Sulawesi dan Papua). Pengiriman tim dimaksudkan untuk memperoleh gambaran yang utuh mengenai tokoh-tokoh yang diusulkan.

"Untuk tahun ini, akhirnya ditetapkan enam tokoh yang kami nilai terbaik sebagai Tokoh Perubahan 2016," katanya.

Keenam tokoh yang berhasil mendapatkan anugerah Tokoh Perubahan 2016 adalah Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, pendiri BMT Beringharjo Yogyakarta Mursida Rambe, pendiri Koperasi Tani Maju Bersama Lombok Barat H Artim Yahya, pendiri Universitas Amikom Yogyakarta M Suyanto, bidan inspiratif sekaligus pendiri Yayasan Bumi Sehat Bali Robin Lim, dan pendiri perusahaan kosmetik PT Paragon Technology and Innovation/PTI (Wardah Cosmetics) Nurhayati Subakat.

Subroto menambahkan, Republika terus berupaya mempertahankan  penganugerahan gelar Tokoh Perubahan sebagai referensi dan inspirasi bagi masyarakat untuk terus ikut serta dalam melakukan perubahan. Tahun ini merupakan pergelaran yang ke 12 kalinya. Dimulai sejak 2005 silam, sudah ada 60 tokoh yang pernah dinobatkan menjadi Tokoh Perubahan Republika. Mereka antara lain, mantan presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (2005), mantan ketua MPR Hidayat Nur Wahid (2005), mantan ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqie (2006), Yusuf Mansyur (2007), Darmin Nasution (2008), Yohanes Sutya (2009), Hatta Rajasa (2010), dan Indra Sjafri (2013). Kemudian, ada juga M Arifin Ilham (2005), Ary Ginanjar (2005), AA Gym (2005), Said Aqil Siroj (2012), Din Syamsuddin (2014), dan grup musik Slank (2015). 

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga pernah menerima penghargaan Tokoh Perubahan 2010 saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Saat itu, Jokowi dinobatkan menjadi Tokoh Perubahan bersama Asma Nadia (novelis), Jusuf Kalla (mantan ketua Palang Merah Indonesia), Soelaiman Budi Sunarto (peneliti), M Zainul Majdi (Gubernur NTB), Fadzlan Garamatan (ulama dari Papua), dan Zulkifli Hasan (mantan Menteri Kehutanan RI, kini Ketua MPR).

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi menyatakan, agenda tahunan Republika kali ini mengangkat masalah kesenjangan sebagai agendanya. Secara lengkap, tema Tokoh Perubahan Republika 2016 adalah "Menggiatkan Ekonomi Berkeadilan untuk Mengatasi Kesenjangan". 
Menurut Irfan, Republika sangat meyakini bahwa pengalaman yang baik atas sila kelima Pancasila menjadi solusi yang sangat mujarab untuk mengatasi problem kesenjangan sosial. 

Sektor ekonomi, kata dia, menjadi titik tekan karena indikasi kesenjangan saat ini dibuat dengan lebih banyak mengukur kinerja ekonomi para warga bangsa. 

"Walaupun bukan berarti istilah kesenjangan ini hanya semata-mata merujuk pada persoalan ekonomi," kata Irfan.

Selain melalui sentuhan program-program fisik, Irfan melanjutkan, upaya untuk mengatasi kesenjangan ini juga harus dijalankan dengan mengubah pola pikir atau mindset. Pola pikir yang seolah-olah membuat kavling bahwa sektor usaha hanya milik kalangan tertentu haruslah diruntuhkan.

Kesempatan untuk berusaha adalah milik semua. Siapa yang bisa memanfaatkan kesempatan itu, maka dia yang akan mendapatkan peluang untuk memperbaiki kehidupannya agar setara dengan lainnya.

"Nah, keenam tokoh yang mendapatkan anugerah Tokoh Perubahan Republika 2016 telah membuahkan karya yang sangat pantas untuk diteladani. Hasil kerja kerasnya ikut menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan keadilan sosial," kata Irfan.



Daftar penerima anugerah Tokoh Perubahan Republika 2005-2016

2005
Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI
Jenderal Pol Sutanto, Kapolri
Hidayat Nur Wahid, Ketua MPR RI
Muhammad Arifin Ilham, Ulama
Ary Ginanjar Agustian, Pendiri ESQ
KH Abdullah Gymnastiar, Ulama
Hamid Awaluddin, Negosiator Perdamaian RI-GAM
Sofyan Djalil, Negosiator Perdamaian RI-GAM

2006
Komisi Pemberantasan Korupsi
Jimly Asshidiqie, Ketua Mahkamah Konstitusi
Sutiyoso, Gubernur DKI

2007
Deddy Mizwar, Aktor
Habiburrahman El Shirazy, Novelis
Andrea Hirata, Novelis
Ratna Megawangi, Dosen/Peneliti/Penggerak Indonesia Heritage Foundation
Ustaz Yusuf Mansyur, Ulama
Muhammad Maftuh Basyuni, Menteri Agama RI

2008
Darmin Nasution, Dirjen Pajak
Seto Mulyadi, Ketua Komnas Anak
Anton Apriyantono, Menteri Pertanian
Hassan Wirajuda, Menteri Luar Negeri
Ahmad Riawan Amin, Bankir/Dirut Bank Muamalat Indonesia

2009
Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi
Yohanes Surya, Pendidik/Ilmuwan
Prof I Gede Winasa, Bupati Jembrana
Aria Susumadewa, Sineas/Sutradara
Mario Teguh, Motivator
Toto Sugito, Penggagas Bike to Work
Eri Sudewo, Penggerak Dompe Dhuafa
Tri Mumpuni, Sosiopreneur

2010
Asma Nadia, Novelis
Joko Widodo, Wali Kota Solo
Jusuf Kalla, Ketua Palang Merah Indonesia
Soelaiman Budi Sunarto, Peneliti
M Zainul Majdi, Gubernur NTB
Fadzlan Garamatan, Ulama dari Papua
Zulkifli Hasan, Menteri Kehutanan RI

2011
Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian
Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat
KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Ponpes Gontor
Amran Nur, Wali Kota Sawahlunto
Heppy Trenggono, Pengusaha Muda

2012
Taufik Kiemas, Ketua MPR RI
Djoko Suyanto, Menko Polhukam
KH Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU

2013
Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Gamal Albinsaid, Dokter, penggas asuransi sampah
Iko Uwais, Pesilat, aktor
Ridwan Hasan Saputra, Pengajar, pendiri Klinik Pendidikan MIPA (KPM)
Indra Sjafri, Pelatih Timnas U-19

2014
Din Syamsudin, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi
Bhayu Subrata dan Pratama Widodo, Penggagas One Day One Juz
Nurdin Abdullah, Bupati Bantaeng 
Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya

2015 
Rudiantara, Menkominfo 
Nadiem Makarim, CEO Gojek 
Tuanku Guru Haji Hasanain Juaini, ulama NTB
Hotlin Ompusunggu, aktivis lingkungan
Grup musik Slank

2016
Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI 
Mursida Rambe, pendiri BMT Beringharjo Yogyakarta
H Artim Yahya, pendiri Koperasi Tani Maju Bersama Lombok Barat 
M Suyanto, pendiri Universitas AMIKOM Yogyakarta
Robin Lim, bidan inspiratif sekaligus pendiri Yayasan Bumi Sehat Bali
Nurhayati Subakat, pendiri perusahaan kosmetik PT Paragon Technology and Innovation/PTI (Wardah Cosmetics)

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Ini Nama-nama Penerima Gelar Tokoh Perubahan Republika
Ini Nama-nama Penerima Gelar Tokoh Perubahan Republika
https://1.bp.blogspot.com/-VU5uQl76hVo/WP74wtUigtI/AAAAAAAACeI/yRbRNPzbxdMj1QXU2IZtralcO-DsPc16wCK4B/s640/malam-anugerah-tokoh-perubahan-republika-_140421223745-730-733625.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VU5uQl76hVo/WP74wtUigtI/AAAAAAAACeI/yRbRNPzbxdMj1QXU2IZtralcO-DsPc16wCK4B/s72-c/malam-anugerah-tokoh-perubahan-republika-_140421223745-730-733625.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/04/ini-nama-nama-penerima-gelar-tokoh.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/04/ini-nama-nama-penerima-gelar-tokoh.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy