Andil Muhammadiyah untuk Kualitas Kebahagiaan Lansia di Kota

Alhamdulillah Tim Muhammadiyah Senior Club (MSC) telah melaksanakan program lanjutan Sharing Session I bertempat di SDN 18  Pisangan Tim...

Alhamdulillah Tim Muhammadiyah Senior Club (MSC) telah melaksanakan program lanjutan Sharing Session I bertempat di SDN 18  Pisangan Timur Rawamangun. Ketua RT 001/014 menyambut dengan gembira kehadiran tim MSC sehingga menurunkan secara penuh ibu-ibu RT di wilayahnya untuk mensukseskan dan mengajak warga senior berhadir.

Sehari sebelum acara Ia menyampaikan akan mengutus pengurus RT untuk memberikan sambutan karena ada kesibukan yang tidak dapat ditinggal. Namun, diluar dugaan di tengah acara berlangsung, bapak RT berhadir dan diakhir acara bersedia membacakan doa bersama untuk keberkahan dan berlanjutnya kerjasama dengan tim MSC. Acara dimoderatori oleh Ibu Nurkholila sebagai kader lansia setempat.

Saya, selaku Direktur Muhammadiyah Senior Club menyampaikan terimakasih banyak kepada Ibu-ibu RT yang berpakaian seragam dan berdandan cantik. Panitia lokal dibentuk oleh bapak Azhary sebagai ketua RT setempat. Begitupun kakek dan nenek yang berhadir tidak kalah cantik-cantik dan ganteng-ganteng, maka suasana forum menjadi santai dan mencair penuh gembira.

Selanjutnya, suasana forum semakin dinamis  dan saya memaparkan sharing session I yang bertema: Meningkatkan Kualitas Kebahagiaan Warga Senior (Lansia) di Lingkungan Perkotaan.

Namun, sebelum meminta kakek dan nenek yang memiliki penglihatan kurang jelas, memintanya pindah paling depan dengan membawa kursi. Saya meminta setiap kakek dan nenek beraktivitas ringan dengan menuliskan 7 kebiasaan baik dan 7 kebiasaan buruk lalu membacakannya kedepan. Kakek nenek yang tidak dapat menulis secara mandiri diberi bantuan oleh ibu-ibu RT untuk menuliskan.

Saya memaparkan tentang data-data penelitian lansia dan proyeksi kehidupan lansia di masa mendatang. Masalah-masalah psikologis, depresi, mudah tersinggung, suasana hati yang muda terganggu, terlebih dalam lingkungan perkotaan yang penuh polusi, persaingan hidup yang ketat, dan tata ruang kota yang semerawut. 

Disini lah arti penting hadirnya MSC untuk mereduksi kehidupan lansia agar tetap positif dan bahagia pada usia senja. 
Apa itu MSC? Teman saya, Dinil nanti akan memaparkan lengkap. Dinil juga memperkenalkan kakek Samanta usia 74 Tahun, ahli kebugaran badan yang telah direkrut MSC.

Berbeda dari roadshow sebelumnya, pada part 2 ini Tim MSC Spesial  membawa serta contoh produk layanan kerajinan tangan apabila bergabung bersama MSC di RSIJ Cempaka Putih nantinya. 

Saya memperkenalkan bapak Mahmudi, Ia adalah pegiat kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas dan telah direkrut oleh MSC secara profesional menjadi karyawan nantinya di RSIJ Cempaka Putih. 

Baik warga senior maupun para ibu-ibu RT yang berseragam cantik turut mengotak-atik bahkan membeli contoh produk kerajinan tangan karya bapak Mahmudi. 

"Bagus sekali ya Mas, boleh donk pada kesempatan lain tolong ajari kami membuat kerajinan tangan seperti ini" sebut Ibu Nunung Inspirator RT Rawamangun. 

Sedikit mengulas, Ibu Nunung ini adalah kader inspirator dan penggerak di RT setempat dan memiliki kecakapan bercocok tanam, mencangkok, dan mengawin-silangkan tanaman. Maka saya langsung menawarkan juga menjadi bagian dari tim penggerak bercocok tanam di RSIJ Cempaka Putih nantinya.

Sesaat sebelum berpisah dengan tim MSC, Bapak As'ary ketua RT 001/014, yang juga mahasiswa S1 FAI UIJ ini mengatakan kegiatan ini positif sekali. "Orang tua kami di sini sangat senang, kami mengucapkan terimakasih banyak atas kesediaan teman-teman memilih warga kami sebagai konsep tolak ukur pilot projek MSC," ujarnya.

Terimakasih kami haturkan kembali kepada Pimpinan MPS PP Muhammadiyah, LazisMu dan RSIJ yang mensupport kegiatan MSC yang telah, sedang, dan akan datang, Insya Allah.

Semoga kegiatan ini menjadi arah perspektif baru akan wacana-wacana baru aksiologi teologi Al-Ma'un dalam  perjuangan Muhammadiyah masa depan, gerakan Al-Ma'un Gaya Baru. Fastabiquk Khairat.

Samsul Bahri Nasution
Direktur Muhammadiyah Senior Club (MSC)

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Andil Muhammadiyah untuk Kualitas Kebahagiaan Lansia di Kota
Andil Muhammadiyah untuk Kualitas Kebahagiaan Lansia di Kota
https://3.bp.blogspot.com/-rJP58oQrrVc/WQ7mvTll8sI/AAAAAAAACtQ/SGVnXIYXjbsrRWu7c5dYW1aNz-ZM__aFgCK4B/s640/IMG-20170507-WA010-796643.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-rJP58oQrrVc/WQ7mvTll8sI/AAAAAAAACtQ/SGVnXIYXjbsrRWu7c5dYW1aNz-ZM__aFgCK4B/s72-c/IMG-20170507-WA010-796643.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/05/andil-muhammadiyah-untuk-kualitas.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/05/andil-muhammadiyah-untuk-kualitas.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy