DPRD Jatim Turun Tangan Atasi Kisruh Buruh vs PT Smelting

Ketika buruh PT Smelting melakukan aksi di Jakarta, pada saat bersamaan di Surabaya Jawa Timur, Komisi E (Kesra) DPRD Provinsi Jawa Timur...


Ketika buruh PT Smelting melakukan aksi di Jakarta, pada saat bersamaan di Surabaya Jawa Timur, Komisi E (Kesra) DPRD Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Dengar Pendapat terkait permasalahan perburuhan di PT Smelting. Dalam rapat yang digelar pada hari Jum`at (2/6) ini, selain dihadiri sejumlah anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, juga dihadiri Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Timur, Kepala Bidang HI, Kepala Bidang Pengawas, Pengawas Korwil Gresik, dan Sekretaris DPW FSPMI Jawa Timur Jazuli serta perwakilan pengurus PUK SPL FSPMI PT Smelting. Sayangnya, dalam rapat ini, perwakilan PT Smelting tidak ada yang hadir.

Dalam Rapat Dengar Pendapat ini, Sekretaris DPW FSPMI Jawa Timur Jazuli mempermasalahkan keberadaan Surat Disnakertrans Jawa Timur Nomor 560/1142/108.5/2017 perihal Penjelasan Mogok Kerja di PT Smelting, yang menyatakan mogok kerja tersebut tidak sah.

Menurut Jazuli, tindakan PT Smelting yang berani melangkah lebih jauh dengan melakukan PHK terhadap 309 orang pekerja adalah karena adanya surat yang dikeluarkan Dinaskertrans Provinsi Jawa Timur tersebut. Anehnya, dalam proses penerbitan surat ini, pihak pekerja tidak pernah dimintai keterangan terkait dengan pemogokan yang mereka lakukan.

“Tindakan Disnaker bertentangan dengan Perda Jawa Timur Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pengawasan, Aminkum menjelaskan, bahwa terkait mogok kerja di PT Smelting telah dilakukan bedah kasus yang dihadiri oleh Kadisnaker Gresik, Pengawas Provinsi Jawa Timur, dan Tenaga Ahli dari Unibraw Rachmat Budiono bertempat di UPT Pelatihan Kerja Singosari, Malang.

Namun Komisi E (Kesra) DPRD Provinsi Jawa Timur menyatakan bahwa apa yang dilakukan Disnakertrans Provinsi Jawa Timur yang menyimpulkan kasus mogok kerja tidak sah adalah suatu tindakan yang salah karena hanya berdasarkan dari 1 opini tenaga ahli perburuhan dan fakta yang sifatnya parsial saja dari pendapat Pengawas Disnakertrans. Seharusnya digali lebih banyak lagi banyak opini tenaga ahli sebanyak 3 atau 5 orang, dan fakta kumulatif yang sebenarnya sudah sesuai dengan perundang-undangan.

Saat dikonfirmasi, perwakilan PUK SPL FSPMI PT Smelting kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah dimintai keterangan. Jadi jelaslah, bahwa surat ini hanya dikeluarkan dengan hanya mendengarkan pendapat salah satu pihak.

“Menurut DPRD, berdasarkan Perda Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan terkait mogok kerja PUK SPL FSPMI PT Smelting adalah tidak sah sehingga perlu dicabut sebelum tanggal 9 Juni 2017,” demikian tertulis dalam notulen rapat tersebut.

Di bagian akhir, Komisi E (Kesra) DPRD Provinsi Jawa Timur membuat beberapa kesimpulan, antara lain:

Surat Nomor 560/1142/108.5/2017 perihal Penjelasan Mogok Kerja di PT Smelting dianggap cacat hukum dan harus dicabut. Oleh karena itu, Komisi E (Kesra) DPRD Provinsi Jawa Timur memerintahkan kepada Kepala Kadisnakertrans Provinsi Jawa Timur untuk mencabut surat tersebut sebelum tanggal 9 Juni 2017.


Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: DPRD Jatim Turun Tangan Atasi Kisruh Buruh vs PT Smelting
DPRD Jatim Turun Tangan Atasi Kisruh Buruh vs PT Smelting
https://2.bp.blogspot.com/-pEKWJOzE_DQ/WTPLHFiKcJI/AAAAAAAAAdI/FUZuCGeVtfgYDHlqfpJp34wBFw63Z8zqgCLcB/s640/20160501_025305_harianterbit_buruh_pabrik.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-pEKWJOzE_DQ/WTPLHFiKcJI/AAAAAAAAAdI/FUZuCGeVtfgYDHlqfpJp34wBFw63Z8zqgCLcB/s72-c/20160501_025305_harianterbit_buruh_pabrik.jpeg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/06/dprd-jatim-turun-tangan-atasi-kisruh.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/06/dprd-jatim-turun-tangan-atasi-kisruh.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy