Kalangan MPR Protes Wacana Mendiknas

Wakil Ketua Fraksi PPP MPR Syaifullah Tamliha menyarankan Mendiknas lebih baik memprioritaskan perbaikan infrastruktur pendidikan, ketimb...

Wakil Ketua Fraksi PPP MPR Syaifullah Tamliha menyarankan Mendiknas lebih baik memprioritaskan perbaikan infrastruktur pendidikan, ketimbang ngotot memperjuangkan aturan 5 hari sekolah.

Syaifullah mengingatkan, bahwa program 8 jam belajar di sekolah atau sekolah lima hari dapat mematikan eksistensi madrasah diniyah yang berada di pondok pesantren. Selain itu, kebijakan itu bisa memotong ruang interaksi bagi siswa dengan lingkungannya.

"Yang jelas adanya program Mendiknas tahun ini dapat mengganggu program pendidikan yang sudah bagus dijalankan pemerintahan Jokowi," tegasnya, kemarin.
Menurutnya, wacana Mendiknas kali ini cenderung coba-coba, tidak ada parameter yang jelas. Hanya terkesan ingin dianggap beda dari menteri sebelumnya.

"Wacana Mendiknas menerapkan lima hari sekolah itu tidak substansial. Ini justru merusak budaya pendidikan yang sudah ada. Jadi sebaiknya program itu tak dipaksakan," katanya.

Menurutnya, sebaiknya Mendiknas lebih concern dengan program perbaikan infrastruktur sekolah di wilayah Indonesia yang masih banyak rusak.

"Mending perbaiki dulu itu sekolah-sekolah yang rusak di wilayah terdepan, tertinggal dan pulau terluar. Sebab prihatin kita kalau melihat sekarang masih banyak bangunan sekolah rusak. Bahkan di pulau Jawa sekolah ada yang rubuh," katanya.

Syaifullah menambahkan, Mendiknas juga sebaiknya membenahi metode pengajaran dan kurikulum pendidikan, selain itu membenahi penggunaan buku-buku pelajaran di sekolah.

"Jangan tiap ganti menteri ganti buku-buku pelajaran baru, ini pemborosan. Buku pelajaran berubah terus terkesan ada permainan proyek," katanya.

Ditambahkannya, pemerintah juga sebaiknya membuat program terobosan agar penyampaian pendidikan lebih berbasis praktek lapangan, bukan sebatas teori-teori dalam buku pelajaran.

"Pendidikan aplikatif lebih penting ketimbang mencekoki siswa dengan teori - teori terus. Sekarang ini pendidikan yang penting itu praktek bukan teori semata," ujarnya.

Syaifullah mengingatkan, apabila Mendiknas tetap ngotot menerapkan program lima hari sekolah, maka akan muncul aksi penolakan besar-besaran dari masyarakat.

"PPP menolak tegas. Pokoknya kita tidak mau Mendiknas mengacak-acakan budaya pendidikan yang sudah terbangun dengan baik," pungkasnya.

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Kalangan MPR Protes Wacana Mendiknas
Kalangan MPR Protes Wacana Mendiknas
https://1.bp.blogspot.com/-0kUoKEaHHOs/WUVEQv-P_qI/AAAAAAAAAiI/aO_Zg7TbKz4IbTYNe6zdzSpNtt5EhrbkwCLcBGAs/s640/IMG-20170609-WA0008.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0kUoKEaHHOs/WUVEQv-P_qI/AAAAAAAAAiI/aO_Zg7TbKz4IbTYNe6zdzSpNtt5EhrbkwCLcBGAs/s72-c/IMG-20170609-WA0008.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/06/kalangan-mpr-protes-wacana-mendiknas.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/06/kalangan-mpr-protes-wacana-mendiknas.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy