Negara Tak Berdaya Hadapi Cengkraman "Neraka Kemacetan" Musim Mudik?

Kemacetan cukup parah masih mencengkram Jalur Tol Mudik 2017 pada 23 Juni malam hingga 24 Juni pagi. Bahkan ekor kemacetannya mencapai J...

Kemacetan cukup parah masih mencengkram Jalur Tol Mudik 2017 pada 23 Juni malam hingga 24 Juni pagi. Bahkan ekor kemacetannya mencapai Jalur Tol Semanggi Jakarta Selatan. Koordinasi apik yang sudah dilakukan Polri dengan berbagai pihak sepertinya tak berdaya menghadapi "serangan" pemudik.

Belajar dari kasus ini, Ind Police Watch (IPW) berharap, Polri segera mengingatkan pemerintah untuk menghubah strategi di Jalur Pantura, terutama di pintu keluar Jakarta. Artinya, pemerintah tidak bisa lagi hanya mengandalkan Jalan Tol, terutama Jalan Tol Cikampek, untuk Jalur Mudik 2018. 

Sudah saatnya pemerintah menata, memperbaiki, dan melebarkan jalan arteri sebagai pintu keluar dari Jakarta untuk pemudik 2018. Jika tidak, stagnasi akan kembali terulang dan tetap mencengkram karena Jalan Tol Cikampek sebagai pintu keluar dari Jakarta sudah over kapasitas dan tak mampu lagi menampung "serbuan" kendaraan pemudik.

IPW mencatat, jalan arteri dari Jakarta menuju Pantura sebenarnya ada tiga jalur, yakni Jalan Raya Pulogadung, Jalan Raya Klender, Jalan Raya Casablanca, dan Jalan Kalimalang. Sayangnya,  keempat jalur ini tidak diurus pemerintah dengan serius. 

Pemerintah hanya mengandalkan Jalan Tol Cikampek untuk jalur mudik. Padahal keempat jalur arteri ini selalu menjadi andalan bagi pemudik sepeda motor untuk keluar dari Jakarta, meski jalanannya kerap tidak layak. Ke depan, di musim Mudik 2018 sudah saatnya pemerintah mengubah orientasinya, untuk kemudian menata keempat jalan arteri itu agar bisa juga menjadi andalan untuk pemudik bermobil, sehingga beban Jalan Tol Cikampek bisa dikurangi. 

Pemerintah sudah saatnya menata ulang keempat jalan arteri itu. Kemudian memperbaiki, memperlebarnya, dan menambah aksesnya hingga keempat jalan arteri itu bisa terhubung secara sempurna hingga ke Jalur Pantura. 

Selain itu sudah saatnya pemerintah membangun jalan tol baru dan jalan arteri baru yang menghubungkan wilayah barat ke timur Pulau Jawa, di wilayah luar Jakarta. Sehingga kendaraan dari wilayah barat ke timur atau sebaliknya, tidak perlu lagi melintasi wilayah Jakarta agar beban lalulintas ibukota bisa berkurang. 

Berbagai terobosan harus segera dilakukan Polri dan pemerintah, mengingat jumlah kendaraan bermotor terus menerus dibiarkan pemerintah membludak. Jika terobosan tidak segera dilakukan, musim mudik 2018 akan kembali dicengkram "neraka macet" hingga berpuluh kilometer yang membuat stagnasi dimana mana. Akibatnya, kerja keras Polri dalam menata dan merekayasa lalulintas mudik menjadi sia sia.

Neta S Pane
Ketua Presidium Ind Police Watch





Foto: google image
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Negara Tak Berdaya Hadapi Cengkraman "Neraka Kemacetan" Musim Mudik?
Negara Tak Berdaya Hadapi Cengkraman "Neraka Kemacetan" Musim Mudik?
https://4.bp.blogspot.com/-UJfoxCNj_b0/WUx4UqNHWZI/AAAAAAAADU8/DqYKJGF7c9oboeLsmMJ50Rgujea2kI_yQCK4BGAYYCw/s640/hqdefault-760317.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-UJfoxCNj_b0/WUx4UqNHWZI/AAAAAAAADU8/DqYKJGF7c9oboeLsmMJ50Rgujea2kI_yQCK4BGAYYCw/s72-c/hqdefault-760317.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/06/negara-tak-berdaya-hadapi-cengkraman.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/06/negara-tak-berdaya-hadapi-cengkraman.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy