Wacana Pemindahan Ibu Kota Ke Palangkaraya Tepat

Wakil Ketua Fraksi PPP MPR Syaifullah Tamliha menyambut positif wacana pemerintah memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya Kalte...

Wakil Ketua Fraksi PPP MPR Syaifullah Tamliha menyambut positif wacana pemerintah memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya Kalteng.

"Ini idenya bagus. Sebagai contoh Brazil dulu juga pindah ibu kota dari Rio ke Brazilia dan mereka cukup berhasil. Di negara kita saya kira pemindahan ibukota wacana bagus," katanya di Jakarta, Rabu (19/7/17).

Menurutnya, pemilihan kota Palangkaraya menggantikan Jakarta juga ideal. Sebab, kota itu secara geografis sangat strategis untuk dikembangkan.

"Lokasinya berhadapan langsung dengan laut China Selatan dan selatan Karimata, jadi dari sisi geografis layak menjadi pusat pemerintahan negara," katanya.

Syaifullah menjelaskan, persoalan kecil yang mungkin perlu dipertimbangkan pemerintah hanya soal tanah gambut di wilayah Palangkaraya. Tanah gambut, perlu penanganan khusus apabila pemerintah hendak membangun gedung-gedung pemerintahan yang megah.

"Tapi di sana lahan yang tidak sesuai HGU ada sekitar 1,5 juta. Jadi kalau ditertibkan paling tidak minimal 1 juta hektare bisa dipergunakan pemerintah untuk dialihperuntukan untuk pemerintahan," cetusnya.

Namun, dia mengingatkan, rencana pemerintah ini bukan hal mudah untuk direalisasikan. Karena butuh anggaran yang sangat besar, dan waktu yang tidak sebentar.

"Kalau kantor pindah aparatur sipilnya juga harus pindah atau sebaliknya. Untuk mengatur perpindahan ini butuh biaya besar. Program ini kemungkinan efektif terealisasi di periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen ini.

Syaifullah optimistis pemerintah bisa mencari solusi dari rencana pemindahan ibukota. Dia yakin jika Presiden Jokowi berkeinginan kuat memindahkan ibukota, hal tersebut akan terwujud.

"Pak Jokowi kalau kerja langsung kelihatan hasilnya. Kalau beliau sudah putuskan rencana ini tentu semua akan mendukung beliau. Segala hambatan yang ada tentu bisa ditemukan solusinya," tuturnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Wacana Pemindahan Ibu Kota Ke Palangkaraya Tepat
Wacana Pemindahan Ibu Kota Ke Palangkaraya Tepat
https://2.bp.blogspot.com/-S0w2mOO6QYQ/WW7mrwE8ZvI/AAAAAAAAAp0/3084q6oMVoohG3H1j21-pSgvBCHnNMthgCLcBGAs/s640/jakarta-ibukota.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-S0w2mOO6QYQ/WW7mrwE8ZvI/AAAAAAAAAp0/3084q6oMVoohG3H1j21-pSgvBCHnNMthgCLcBGAs/s72-c/jakarta-ibukota.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/07/wacana-pemindahan-ibu-kota-ke.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/07/wacana-pemindahan-ibu-kota-ke.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy