Banyak Bikin Inovasi, Mentan Amran Diganjar Penghargaan Bertubi-tubi

Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah kepemimpinan Menteri Andi Amran Sulaiman terus diganjar sederet penghargaan. Yang teranyar dirai...


Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah kepemimpinan Menteri Andi Amran Sulaiman terus diganjar sederet penghargaan. Yang teranyar diraih pada saat acara Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia yang dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah (25/8).

Kementerian Pertanian memproleh penghargaan di bidang inovasi pelayanan publik bersama 40 Top Inovator lainnya, yaitu; Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementeriaan Perindustrian, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Hukum dan HAM, Polri, PT Taspen dan 31 Pemerintah  Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Aplikasi pelayanan satu pintu PRIOQ KLIK dari Karantina Tanjung Priok, Kementerian Pertanian menjadi salah satu inovasi yang lolos dalam ajang penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) setelah menyisihkan 3.054 peserta lainnya, dari kementerian/lembaga/pemerintah daerah dan BUMN.




PRIOQ KLIK memudahkan pengguna layanan jasa karantina dalam proses pengajuan karantina dengan cepat SATU KLIK. Sebelum ada aplikasi ini, pengguna jasa karantina di Tanjung Priok harus menunggu hasil verifikasi petugas secara langsung di kantor karantina atau harus menelepon petugas untuk menanyakan hasil verifikasinya. Dengan adanya PRIOQ KLIK, pengguna jasa bisa memonitor hasilnya kapanpun dan di manapun tanpa harus menunggu di kantor karantina. 

PRIOQ KLIK juga memberikan informasi tarif PNBP yang harus dibayar, nomor dokumen untuk transfer ke portal INSW, status transfer ke INSW, analisis reject INSW dan analisis kecepatan layanan (Service Level Agreement) untuk manajemen internal.





Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Pertanian bersama staf Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priuk saat menerima penghargaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia pada Jum'at (28/8/2017) di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Penghargaan yang diperoleh Kementan sebelumnya adalah Penghargaan Pengelolaan Pengawalan Kepegawaian Terbaik Tingkat Kementerian Besar dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pada tahun 2017. Di tahun yang sama, Kementan juga mendapatkan penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Sejak dipimpin Andi Amran Sulaiman, Kementan juga telah berhasil melakukan berbagai terobosan yang menuai beragam apresiasi dari Presiden RI, Joko Widodo, di antaranya penghargaan "Apresiasi Prestasi Lebaran 2017" dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP). 

Penghargaan tersebut didapat berkat keberhasilan Kementan dalam pengamanan, pengendalian, dan kelancaran penyelenggaraan lebaran 2017 serta apresiasi atas keberhasilan Kementan dalam menjaga kestabilan harga kebutuhan pangan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2017.  

Apresiasi pun datang dari berbagai organisasi internasional. Food and Agriculture Organization (FAO) melalui Asisten Direktur Jenderal Kundhawi Kadiresan, misalnya menyampaikan apresiasinya terhadap keberhasilan Indonesia dalam mencapai swasembada beras. " FAO menghargai keberhasilan Indonesia dalam swasembada beras. Capaian ini merupakan hasil dari investasi pemerintah khususnya Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang sebagian besar digunakan untuk membangun infrastruktur," ucap Kadiresan saat bertemu dengan Amran di Jakarta, bulan Maret tahun ini. 

Pada tahun 2016, apresiasi juga datang dari Global Food Security Index (GFSI) yang menempatkan Indonesia di peringkat 71 untuk Negara yang meraih peningkatan ketahanan pangan tertinggi dengan skor 2,7. 

Apresiasi dari dunia internasional juga tercermin dari kedatangan sejumlah negara, yaitu Malaysia, Filipina, Vietnam, Taiwan, dan Uzbekistan, untuk mempelajari keberhasilan Indonesia dalam mewujudkan swasembada pangan dalam waktu singkat. Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Uzbekistan Zoir T Mirzaev misalnya, pada pertemuan dengan Amran di awal bulan ini, mengungkapkan keinginan untuk pertukaran peneliti dan mahasiswa, transfer teknologi lada, rempah dan sumber genetik kedelai dari Indonesia serta membangun kemitraan pertanian secara intensif dan saling menguntungkan.

Dalam bidang inovasi teknologi pada tiga tahun terakhir, Kementerian Pertanian telah merilis 300 inovasi teknologi hortikultura, peternakan, perkebunan, dan pendukungnya seperti bioteknologi, pemetaan, pemupukan, dan juga pascapanen pertanian. Pada bidang mekanisasi siap diterapkan 27 prototype teknologi mekanisasi untuk bawang merah, bawang putih dan cabai, terintegrasi mulai dari hulu ke hilir telah dirilis 24/8/2017.  Berbagai apresiasi yang diperoleh Kementan ini merupakan wujud kerja nyata dan upaya yang maksimal dari seluruh element yang ada di Kementerian Pertanian.

Selain itu, Mentan Amran juga mendapat banyak apresiasi dari sejumlah pakar, pengamat, MPR, DPR dan DPD.(*))
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Banyak Bikin Inovasi, Mentan Amran Diganjar Penghargaan Bertubi-tubi
Banyak Bikin Inovasi, Mentan Amran Diganjar Penghargaan Bertubi-tubi
https://3.bp.blogspot.com/-lfAq8MX0lQM/WaAbenTmdmI/AAAAAAAAEG8/u_LA7UUl4Qojgv_JL_aT3sDry1YVDXARgCK4BGAYYCw/s640/IMG-20170522-WA021-731839-716791.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-lfAq8MX0lQM/WaAbenTmdmI/AAAAAAAAEG8/u_LA7UUl4Qojgv_JL_aT3sDry1YVDXARgCK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20170522-WA021-731839-716791.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/08/banyak-bikin-inovasi-mentan-amran.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/08/banyak-bikin-inovasi-mentan-amran.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy