Mengenal Sosok Rismanidar, Akademisi dan Aktivis Perempuan yang Terpilih di Panwaslu Abdya

Ternyata salah seorang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yakni Rismanidar, merupakan sosok w...

Ternyata salah seorang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yakni Rismanidar, merupakan sosok wanita tangguh dan pekerja keras yang aktif sebagai akademisi dan aktivis perempuan.

Tak heran, jika teman-teman dan sahabat nya memberikan ucapan selamat, kepada Rismanidar atas kelulusan nya mengikuti fit and proper test (Kepatutan dan Kelayakan), menjadi anggota Panwaslu Abdya yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011, tentang Penyelenggara Pemilu dengan ketentuan keterwakilan perempuan 30 persen dalam keanggotaan KPU atau Bawaslu.

Atas dasar itu lah, wanita kelahiran desa Padang Sikabu tanggal 09 Januari 1983 kecamatan Kuala Batee kabupaten Abdya ini, merasa termotivasi mengikuti seleksi calon Panwaslu untuk daerah nya sendiri tersebut. Namun ia sangat menyayangkan, keterwakilan perempuan dalam lembaga penyelenggara pemilu saat ini dinilai masih sangat rendah.

Pun demikian, Rismanidar yang telah berusia 34 tahun 7 bulan dan 18 hari ini, Minggu (27/8/2017), optimis mengikuti seleksi itu dengan memiliki target sendiri untuk lulus, dan ia tak tanggung-tanggung mempersiapkan diri dalam hal pengetahuan, membaca undang-undang dan peraturan yang terkait dengan Pemilu, demi persiapan yang matang, sebab, peserta dari kaum hawa begitu banyak yang harus di tantang nya.

Tak hanya itu, Rismanidar yang telah memiliki tiga buah hati ini pun mendapat sokongan yang kuat dari sang suami. Robi Sugara, ayah dari anak-anak nya ini selalu siap mendampingi nya dalam kegiatan apapun itu, semangat dan dukungan suami juga, terus ia menjadi semakin memiliki keyakinan diri.

"Beliau selalu memberi semangat dan bahkan meluangkan waktu untuk menemani saya, ketika ikut tes dan ketika pengurusan administrasi untuk keperluan seleksi yang rata-rata diluar daerah, "ungkap Rismanidar.

Wanita berparas cantik ini, yang selalu menggunakan kaca mata, saban hari dalam keadaan sibuk, pasalnya, selain menjadi ibu bagi ketiga buah cinta nya, Rismanidar (akrab disapa Ris) juga dipanggil ibu di tempat ia mengajar, yakni di STIT Muhammaiyah Abdya sebagai dosen mata kuliah.

Selaku perempuan aktivis, Rismanidar yang sejak kuliah dulu selalu bergelimang dalam organisasi, hingga saat ia sudah memiliki keluarga dan anak, tapi, bukan sebuah rintangan baginya untuk mengurus keluarga dan organisasi, karena hal itu sudah diatur oleh nya sebelum melangkah lebih jauh.

"Selain menjadi dosen, juga aktif di organisasi perempuan, yakni Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisiyah (NA) Abdya, kebetulan teman-teman mempercayai saya sebagai ketua umumnya, "terangnya

Lulusan S2 (Magister) Ilmu Agama Islam PPs UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun 2013 lalu ini pun, terdapat banyak sekali organisasi-organisasi yang sudah membuat nya merangkak lebih tinggi, diantaranya sebagai Bendahara DPD IMM Aceh, sejak Januari 2005 hingga Desember 2007, Bendahara Pimpinan Daerah Nasyiatul 'Aisyiyah Kota Banda Aceh sejak Mai 2008 hingga Mai 2011, dan sebagai Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul 'Aisyiyah Abdya sejak Februari 2016 hingga Januari 2020.

Namun, dari semua itu tentu tidak mudah, sebab Rismanidar harus mengatur waktu agar semua aktifitas kesehariannya semua tuntas dilaksanakan, tentu hal tersebut tak terlepas dari bantuan dan dukungan sang suami dan orang tua.

"Terutama saya melakukan komunikasi yang baik dengan suami, ketika anak-anak sekolah,  saya pun keluar rumah menunaikan tugas, "sebutnya.

Sehingga, waktu yang diaturkan dapat disesuaikan dengan kegiatan yang ada, selain waktu nya yang harus di isi sebagai pengajar, Ris juga mengatur waktu berorganisasi, tapi yang selalu dijaga Ris, ia tetap memanfaatkan waktu libur tersebut bersama anak-anak dan keluarga, jadi, dalam hal menjalankan tugasnya kedepan sebagai anggota Panwaslu Abdya, ia merasa sudah sangat mumpuni, karena hal itu telah ia jalankan selama ini dalam kehidupan nya.

"Tentunya ketika bekerja di Panwaslu nanti, saya dan suami tidak perlu persiapan yang berlebihan, kami akan melakukan rutinitas yang sudah kami jalankan sebelumnya,"ujar Rismanidar kepada Istanapos.com.

Muhammad Taufik
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Mengenal Sosok Rismanidar, Akademisi dan Aktivis Perempuan yang Terpilih di Panwaslu Abdya
Mengenal Sosok Rismanidar, Akademisi dan Aktivis Perempuan yang Terpilih di Panwaslu Abdya
https://2.bp.blogspot.com/-mwu7yfB7-o4/WaMIK-I5dmI/AAAAAAAAEJ0/jRHB6tzonPUvgs2dXBDrfnK3e-pVaknLACK4BGAYYCw/s640/IMG-20170827-WA0066-782375.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-mwu7yfB7-o4/WaMIK-I5dmI/AAAAAAAAEJ0/jRHB6tzonPUvgs2dXBDrfnK3e-pVaknLACK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20170827-WA0066-782375.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/08/mengenal-sosok-rismanidar-akademisi-dan.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/08/mengenal-sosok-rismanidar-akademisi-dan.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy