Sisihkan Rp2 Juta, 42 Peserta Dilatih Kelola BUMG

Sebanyak 42 peserta Pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) se kecamatan Lembah Sabil, mengikuti pelatihan pengelolaan lembaga tersebu...

Sebanyak 42 peserta Pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) se kecamatan Lembah Sabil, mengikuti pelatihan pengelolaan lembaga tersebut supaya desa kedepannya mampu menjadi desa yang mandiri, dengan memiliki income hasil dari desa itu sendiri.

Pelatihan sistem pengelolaan BUMG ini berlangsung selama dua hari berturut - turut, yakni tanggal 28-29 Agustus 2017, yang diadakan di gedung TPA desa Ujung Tanah, kecamatan Lembah Sabil kabupaten setempat, Senin (28 /08 /2017).

Dalam hal peningkatan kapasitas pengelola BUMG, pemerintah telah mengucurkan anggaran untuk melakukan pelatihan, hal ini demi para pengelola lebih faham tujuan dari BUMG tersebut.

"Untuk pelatihan ini, anggaran di bebankan kepada masing-masing desa, sebesar Rp. 2 juta per desa melalui APBG, "kata ketua panitia.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Keuchik Kecamatan (FK3) Lembah Sabil, Ismail, S.PdI dalam sambutan nya menyampaikan, bahwa sebanyak 14 desa dalam kecamatan tersebut diwajibkan mengikuti pelatihan sistem  pengelolaan BUMG, sebab desa sudah menyediakan anggaran untuk hal tersebut.

"Masing-masing gampong wajib mengalokasikan anggaran sebesar dua juta per gampong, "ungkap Ismail.

Ismail yang juga Keuchik desa Geulanggang Batee ini pun mengatakan, ketika desa sudah menyediakan anggaran untuk BUMG, keseriusan dari dari pengurus BUMG yang paling di utamakan, hal ini demi menjadikan desa yang benar-benar mandiri sesuai dengan program Presiden Republik Indonesia saat ini.

Selanjutnya, ia juga menyebutkan, alokasi dana desa yang saat ini sedang berjalan, diharapkan dapat dimanfaatkan demi pertumbuhan ekonomi masyarakat, sebab, ketika pemerintah pusat tak lagi fokus di dana desa, desa itu diharapkan sudah mandiri.

"Tinggal keseriusan pengurus pengelola BUMG saja, bagaimana cara BUMG itu menjadikan desa mandiri, "ucapnya. 

Keuchik Ismail menegaskan, sukses nya sebuah desa dalam hal pengelolaan dana desa, itu tergantung peran serta dari BUMG itu sendiri, sebab, diakuinya, program demikian yang di gagas presiden Joko Widodo itu belum dapat dipastikan akan berlanjut, jika kepala negara kedepan tak lagi yang saat ini.

"Peran BUMG disini sangat penting, dalam hal mengakomodir semua ini, "ucapnya.

Harapan nya, dengan dilakukan pelatihan ini, BUMG dalam kecamatan Lembah Sabil mampu menumbuhkan program-program ekonomi kemasyarakatan, hal ini menyangkut dengan sistem penggunaan anggaran di lembaga tersebut.

"Setelah pelatihan ini, diharapkan BUMG Lembah Sabil mendapatkan inovasi baru, sehingga menjadi pilot project BUMG lainnya, "harap Ketua FK3 Lembah Sabil ini.

Pelatihan tersebut turut dihadiri dari Tenaga Ahli (TA) P3MD kabupaten, A. Rahim Syahputra sebagai pemateri, sejumlah Keuchik dalam kecamatan Lembah Sabil.


Muhammad Taufik
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Sisihkan Rp2 Juta, 42 Peserta Dilatih Kelola BUMG
Sisihkan Rp2 Juta, 42 Peserta Dilatih Kelola BUMG
https://4.bp.blogspot.com/-Sata7JWA8Bk/WaQ6Y8xO-8I/AAAAAAAAELQ/kywRm5vI7Zkz4C8-UDD7M1IpeJVxUfF8ACK4BGAYYCw/s640/IMG-20170828-WA0024-772682.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Sata7JWA8Bk/WaQ6Y8xO-8I/AAAAAAAAELQ/kywRm5vI7Zkz4C8-UDD7M1IpeJVxUfF8ACK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20170828-WA0024-772682.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/08/sisihkan-rp2-juta-42-peserta-dilatih.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/08/sisihkan-rp2-juta-42-peserta-dilatih.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy