Mensos Terima Penghargaan Tokoh Teladan Inspiratif

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Tokoh Teladan Inspiratif 2017 atas kerja keras dan dedikasinya pada bangsa....

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Tokoh Teladan Inspiratif 2017 atas kerja keras dan dedikasinya pada bangsa. 

Penghargaan dari Institut Agama Islam (IAI) Al Khoziny, Surabaya ini diserahkan oleh Rektor IAI,  Prof. Dr. K.H. Asep Saifuddin Chalim dalam Rapat Terbuka Senat Institut Agama Islam Al Khoziny dalam rangka wisuda sarjana dan pascasarjana Institut Agama Islam Al-Khoziny, Minggu (29/10). 

"Penghargaan ini mendorong saya untuk semakin fokus dalam memberikan layanan dan sapaan kepada masyarakat," ujar Mensos. 

Khofifah mengatakan sebagai pejabat publik dan pembantu Presiden, ia berupaya menjalankan tugas dengan maksimal. Menguatkan jejaring, mencari terobosan layanan termasuk inovasi teknologi bansos non tunai bersama Himbara, mempelajari sukses dari berbagai negara pelaksana progran perlindungan sosial, menghadirkan nara sumber berkelas internasional, termasuk dari kantor pusat  Bank Dunia secara non APBN,  harapannya  Layanan kepada masyarakat makin hari makin membaik, makin transparan dan makin akuntabel. 

"Saya mengajak tim internal Kementerian Sosial bekerja sangat keras dengan berbagai indikator ketepatan, yaitu tepat waktu, tepat sasaran, tepat administratif, tepat jumlah dan  tepat kualitas. Saya juga mendorong maksimalisasi jejaring seiring dengan pentingnya membangun public - private partnership. Peran serta pemerintah daerah dan kemiteraan serta kerja bersama  semua pihak terutama generasi muda penerus pemimpin  bangsa  untuk bekerja keras, cerdas, ikhlas, tuntas dan cepat dalam berbagai bidang yang ditekuni. Ini kebutuhan mendesak  untuk mendongkrak daya saing kita," tuturnya. 

Berbicara dihadapan wisudawan dan wisudawati sarjana dan pasca sarjana  Institut Agama Islam Al Khoziny, Khofifah mengatakan bahwa kini zaman mengalami percepatan perubahan yang luar biasa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik teknologi informasi, komunikasi, transportasi, transaksi keuangan dan perdagangan, hubungan sosial kemanusiaan, kekerabatan dan sebagainya  membutuhkan antisipasi cepat, cerdas dan tepat. Anak-anak muda yang baru diwisuda harus siap menghadapinya agar tidak tertinggal. 

"Ibaratnya orang berlari, tambah kecepatan saudara  untuk merespon perubahan semula lari secara alami dengan kaki, dipercepat dengan sepatu roda, dan dipercepat lari secara teknologi informasi dan komunikasi terutana gawai. Segera beradaptasi dengan berbagai perubahan  dan segera tentukan pilihan dan sikap saudara. Ada dua sikap yang bisa saudara  pilih," kata Khofifah serius. 

Pertama, siap berkompetisi di dunia yang semakin tanpa batas (borderless),  Lakukan sesuatu yang _out of the box_, maksimalkan seluruh ide kreatif dan penuh inovasi,  berani  memulai dan  jangan ragu mencoba sesuatu yang baru. 

Kedua, hidup apa adanya, merasa sudah cukup,   tidak tergerak untuk  merespon dan tidak tergerak untuk  berkompetisi. Mungkin merasa telah berlari mengejar ketertinggalan namun kecepatannya kurang sehingga hasilnya kurang maksimal. 

"Sekali lagi respon terhadap perubahan informasi dan teknologi ini penting  segera dikaji, ditelaah dan segera mengambil keputusan. Kamipun di Kementerian Sosial melakukannya," terangnya. 

Salah satu upaya tersebut adalah lahirnya program bansos non tunai yang  terus dikembangkan sistemnya bersama Himpunan bank negara dan generasi terbarunya melalui  mesin _EDC Offline_ untuk kemudahan penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Mesin karya Bank Negara Indonesia (BNI) ini bisa menyatukan finger print atau sidik jari penerima bansos dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), e-KTP, dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). 

Khofifah mengatakan transformasi bansos non tunai dari online menjadi offline untuk  blankspot area ini menjadi bagian dari inovasi teknologi baru  penyaluran bantuan sosial (bansos) yang dilakukan Kementerian Sosial bersama Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA). Tujuannya adalah meluaskan jangkauan layanan kepada penerima manfaat dengan kualitas pelayanan yang setara, aman dan terjaga.

Inovasi berikutnya, adalah teknologi _Very Small Aperture Terminal_ (VSAT) melalui Satelit milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memungkinkan layanan perbankan menjangkau daerah sulit, pedalaman dan perbatasan antar negara  sehingga tidak ada alasan ada daerah yang tidak bisa dijangkau.  

Kementerian Sosial juga terus berbenah untuk meningkatkan ketepatan sasaran penerima bansos melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG). Sebuah inovasi pemadanan dan validasi data yang bertumpu basis data terpadu dengan sistem _update_ dari bawah _(bottom up process).

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Mensos Terima Penghargaan Tokoh Teladan Inspiratif
Mensos Terima Penghargaan Tokoh Teladan Inspiratif
https://3.bp.blogspot.com/-FTQ6lmp9Jc8/Wfb6cQ9J42I/AAAAAAAAEyI/v6i5dcPpYEIixLxfmPDplCHTySt-zaDggCK4BGAYYCw/s640/IMG-20171030-WA0003-792165.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-FTQ6lmp9Jc8/Wfb6cQ9J42I/AAAAAAAAEyI/v6i5dcPpYEIixLxfmPDplCHTySt-zaDggCK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20171030-WA0003-792165.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/10/mensos-terima-penghargaan-tokoh-teladan.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/10/mensos-terima-penghargaan-tokoh-teladan.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy