Sebagian Besar Anggota Polri Enggak Punya Senjata Api. Ini Akibatnya...

Kapolri Tito Karnavia perlu mendata dan mengevaluasi keberadaan senjata api serta alat kelengkapan tugas anggota kepolisian, terutama ya...

Kapolri Tito Karnavia perlu mendata dan mengevaluasi keberadaan senjata api serta alat kelengkapan tugas anggota kepolisian, terutama yang bertugas di lapangan.

Dari pendataan Ind Police Watch (IPW) dari 400.000 anggota Polri hanya 20 persen yang memiliki senjata api. Itupun sebagian besar senjata apinya sangat tidak layak,  antara lain berkarat, sudah tua dan hasil kanibal dari sejumlah senjata api yang rusak. Akibat tidak layaknya persenjataan anggota Polri ini muncul dua hal. 

Pertama, kerap terjadinya kasus salah tembak. Polisi yang hendak menembak pelaku kejahatan malah salah sasaran. Anggota masyarakat yang menjadi korban. Tahun 2014 ada 13 kasus salah tembak dan 2015 ada 20 kasus.

Kedua, jumlah polisi yang tewas akibat keberutalan pelaku kejahatan dan teroris kian meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2012 ada 29 polisi tewas akibat ulah pelaku kejahatan, 2013 ada 27, tahun 2014 ada 41 dan 2015 ada 10 polisi terbunuh penjahat.

Dengan maraknya ancaman terorisme dan makin banyaknya pelaku kejahatan bersenjata api, tentunya ini menjadi ancaman bagi masyarakat dan anggota polisi itu sendiri. Untuk itu Polri perlu mengevaluasi keberadaan senjata api anggotanya dan segera membenahi dan melengkapinya. 

Terutama menjelang Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 yang tingkat kerawanannya sangat tinggi, Polri perlu mengantisipasinya. Salah satunya dengan melengkapi dan membenahi peralatan tugas kepolisian di lapangan. Kapolri tidak boleh mendiamkan kondisi ini. 

Minimnya senjata api yang dimiliki Polri akan berdampak pada anggota kepolisian di lapangan. Sebab keberadaan senjata api dan kelengkapan peralatan tugas anggota polisi ini berfungsi untuk dua hal strategis, yakni melindungi masyarakat dan melindungi keselamatan anggota polisi itu sendiri.

Bagaimana polisi bisa melindungi masyarakat, jika polisi itu sendiri tidak mampu melindungi dirinya sendiri. Bagaimana Polri bisa profesional jika anggotanya di lapangan menjadi bulan bulanan pelaku kejahatan dan teroris. Apalagi menjelang Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 dimana eskalasi kerawanan meningkat. 

Jika Kapolri tidak segera mencermati hal ini dan hanya mengandalkan 20 persen senjata apinya yang sudah tua dan hasil kanibal dikhawatirkan akan banyak polisi yang menjadi korban dan Polri tidak bisa maksimal menjaga keamanan masyarakat.


Neta S Pane
Ketua Presidium Ind Police Watch
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Sebagian Besar Anggota Polri Enggak Punya Senjata Api. Ini Akibatnya...
Sebagian Besar Anggota Polri Enggak Punya Senjata Api. Ini Akibatnya...
https://2.bp.blogspot.com/-XIWsVZrhZaM/WdM6hSYfRSI/AAAAAAAAEmA/Xr21nAeQ-zA_e7BS0vHQA3p6YOmmujh-wCK4BGAYYCw/s640/182715_bentrok-di-timika-papua_641_452-700283.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-XIWsVZrhZaM/WdM6hSYfRSI/AAAAAAAAEmA/Xr21nAeQ-zA_e7BS0vHQA3p6YOmmujh-wCK4BGAYYCw/s72-c/182715_bentrok-di-timika-papua_641_452-700283.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/10/sebagian-besar-anggota-polri-punya.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/10/sebagian-besar-anggota-polri-punya.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy