PIA DPR Kampanyekan Gemar Membaca

Budaya membaca dan literasi di Indonesia, seperti yang disampaikan Mendikbud Indonesia, Muhadjir Effendy, tertinggal empat tahun dibandin...


Budaya membaca dan literasi di Indonesia, seperti yang disampaikan Mendikbud Indonesia, Muhadjir Effendy, tertinggal empat tahun dibandingkan dengan negara maju. Kemampuan membaca atau literasi siswa SMA kelas 3 (kelas XII) sama dengan siswa kelas 2 SMP (kelas 8) di sejumlah negara maju.

Fakta ini telah mendorong Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR mengadakan bakti sosial (Baksos) bertema 'Ayo Gemar Membaca' sekaligus meresmikan Pondok Baca PIA DPR  di Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Salatiga, Jawa Tengah, kemarin.

Grace Fadli Zon yang memimpin rombongan Baksos PIA DPR periide 2014-2019 menyampaikan keprihatinan dengan budaya baca dan literasi di Indonesia yang sangat jauh tertinggal dari negara-negara maju.

Dikatakan Grace Fadli Zon, kemajuan teknologi gadget, di satu sisi adalah positif dalam mempermudah komunikasi, namun di sisi lain menjadi penyebab dalam menurunnya minat dan budaya baca serta literasi di Indonesia.

"PIA DPR  mengajak seluruh komponen bangsa untuk ikut ambil bagian dalam meningkatkan minat dan budaya baca di Indonesia," kata Grace.

Grace menilai, ketersediaan buku bacaan dan kondisi Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan menyebabkan disparitas yang tinggi antar daerah dalam rendahnya minat dan budaya baca di Indonesia.

Ia menegaskan, peresmian Pondok Baca PIA DPR RI di Salatiga ini adalah wujud kongkritnya dalam mendukung upaya pemerintah  meningkatkan minat dan budaya baca di Indonesia.

"Indonesia dengan disparitas antar daerah sebagai negara kepulauan, memerlukan upaya bersama dari segenap komponen bangsa untuk memecahkan persoalan ini,” paparnya.

Grace juga memberikan perhatian akan bonus demografi Indonesia yang akan dipetik setelah tahun 2020 seharusnya diimbangi dengan kesiapan generasi muda, angkatan produktif Indonesia yang cerdas dan kreatif sehingga dapat menunjukkan competitiveness level Indonesia di dunia.

Sementara itu, Ketua Panitia Baksos Lisa Robert Kardinal mengatakan, baksos bertajuk 'Ayo Gemar Membaca'  diisi dengan peresmian Pondok Baca dengan harapan apa yang dilakukan PIA dapat menstimulasi komponen masyarakat lainnya dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca di Indonesia.

Dalam peresmian Pondok Baca PIA DPR ini, sekaligus dilakukan penyerahan kelengkapan Pondok Baca, seperti: buku, rak buku, dan perlengkapan perpustakaan lainnya serta goody bag untuk anak-anak.

Lisa yang juga Ketua Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) DPR ini berharap dengan peresmian Pondok Baca PIA DPR RI ini dapat merangsang minat baca pada anak dan menjadikan mereka orang-orang hebat.

“Saya meyakini bahwa orang hebat adalah orang yang kuat dalam membaca. Soekarno, Habibie, bahkan Obama adalah contoh orang hebat yang kuat dalam membaca," pungkasnya.

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: PIA DPR Kampanyekan Gemar Membaca
PIA DPR Kampanyekan Gemar Membaca
https://2.bp.blogspot.com/-QoOmMZPwGnE/Wi99eC5xgNI/AAAAAAAABUM/ITDtyxX64ogxm5bxbu-Thd3cw5AAHUpLgCLcBGAs/s640/IMG-20171208-WA0016.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-QoOmMZPwGnE/Wi99eC5xgNI/AAAAAAAABUM/ITDtyxX64ogxm5bxbu-Thd3cw5AAHUpLgCLcBGAs/s72-c/IMG-20171208-WA0016.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2017/12/pia-dpr-kampanyekan-gemar-membaca.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2017/12/pia-dpr-kampanyekan-gemar-membaca.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy