Kepala Daerah Harus Pro Aktif Sejahterakan Atlet

Pemerintah daerah perlu membuat peraturan daerah dalam kerangka pembinaan olahraga guna mewujudkan masyarakat yang produktif, dan mencipt...


Pemerintah daerah perlu membuat peraturan daerah dalam kerangka pembinaan olahraga guna mewujudkan masyarakat yang produktif, dan menciptakan atlet yang potensial sekaligus mencegah timbulnya korupsi di bidang olahraga di daerah.

Demikian salah satu hasil kesimpulan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komite III DPD RI dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di ruang rapat Komite III DPD RI, Senayan, Jakarta Selasa (30/1).

Wakil Ketua Komite III DPD RI Delis Julkarson Hehi menyampaikan, hasil RDPU Komite III bersama Kemenpora dan KOI juga mendorong dilakukannya koordinasi dan sinkronisasi antar lembaga Kementerian Pendidikan dan Kemenpora dalam pengembangan olahraga pendidikan dan olahraga prestasi.

Dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia khususnya kaderisasi atlet berbakat dan berprestasi. Ditekankan pentingnya pembangunan infrastruktur pengembangan olahraga, serta pentingnya pembangunan pola kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.

"Kami juga merekomendasikan atlet yang berprestasi baik secara fisik normal maupun penyandang disabilitas diberikan penghargaan menjadi Pegawai Negeri Sipil, beasiswa, tunjangan perumahan dan penghargaan lain sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan ekonomi terhadap para atlet," kata Senator asal Provinsi Sulteng ini.

Delis menjelaskan, terkait kendala yang dihadapi Pemerintah sampai saat ini yang berkaitan dengan pendanaan olahraga khususnya di daerah. Dapat dicarikan solusinya melalui kerjasama dengan BUMN, sponsorship dan pelaku industri olahraga.

Dia menambahkan, grand desain pembangunan olahraga di masa depan yang dirancang pemerintah dengan istilah sport science dengan metode kolaborasi pengembangan bibit unggul atlit yang disertai dengan pengembangan keilmuan  dan teknologi, diharapkan jangan sebatas program di atas kertas.

"Standarisasi nasional olahraga sebagai panduan pengembangan, pemantauan dan pelaporan capaian standar nasional keolahragaan perlu dilakukan oleh Pemerintah atau lembaga mandiri lainnya dengan melibatkan tenaga keolahragaan profesional. Di samping itu, program perbaikan sarana prasarana, organisasi dan pelayanan minimal olahraga harus diimplementasikan," harapnya.

Di tempat yang sama, Deputi  Kemenpora Profesor Mulyana mengutarakan, peran serta pemda dalam memajukan bidang olahraga sangat vital. Sebab, pemda memiliki anggaran untuk dialokasikan untuk memajukan dunia olahraga.

"Pengembangan olahraga butuh biaya cukup besar, apalagi olahraga  prestasi. Pemda memiliki anggaran, kalau di daerah mengandalkan sponsorship cukup sulit karena adanya keterbatasan anggaran dan mereka memiliki prioritas lain selain olahraga," kata Mulyana.

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Kepala Daerah Harus Pro Aktif Sejahterakan Atlet
Kepala Daerah Harus Pro Aktif Sejahterakan Atlet
https://3.bp.blogspot.com/-oU-3-Ny1lTs/WnCgCPLjIWI/AAAAAAAABqU/miScR2jIJnAs8yWCB3BxkhBPW1UVCC7PwCLcBGAs/s640/20180130_123643.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-oU-3-Ny1lTs/WnCgCPLjIWI/AAAAAAAABqU/miScR2jIJnAs8yWCB3BxkhBPW1UVCC7PwCLcBGAs/s72-c/20180130_123643.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/01/kepala-daerah-harus-pro-aktif.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/01/kepala-daerah-harus-pro-aktif.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy