Komisi IX Desak Pemerintah Kirim Nota Protes Ke Saudi

Anggota Komisi IX DPR Muhammad Iqbal mendesak pemerintah mengirim nota protes kepada pemerintah Arab Saudi. Sebagai bentuk protes atas ek...


Anggota Komisi IX DPR Muhammad Iqbal mendesak pemerintah mengirim nota protes kepada pemerintah Arab Saudi. Sebagai bentuk protes atas eksekusi mati TKI Zaini Misrin yang dilakukan tanpa pemberitahuan.

"Sangat disayangkan Arab Saudi yang selama ini berhubungan baik dengan Indonesia, tidak membuat pemberitahuan kepada pemerintah sebelum eksekusi mati," katanya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (21/3).

Iqbal bilang, seharusnya sebelum eksekusi mati pemerintah Indonesia diberikan akses informasi luas supaya bisa melakukan advokasi terhadap Zaini. Terutama Kemenlu atau Kemenaker.

"Kasus serupa jangan sampai lagi kita kecolongan. Jika kecolongan lagi berarti selama ini kerja Menaker dan BNP2TKI apa dalam melindungan TKI?" tanyanya.

Iqbal berharap, ke depan pemerintah bisa lebih tegas terhadap pemerintah Arab Saudi. Namun, tetap menjaga silurahmi yang sudah terjalin baik selama ini.

"Walau bagaimanapun kita dan Arab Saudi punya hubungan baik. Jangan karena satu kasus hubungan yang sudah terjalin baik menjadi rusak, yah pemerintah dbijaksanalah," sarannya.

Namun, Politisi PPP ini menyarankan, publik tidak terlalu berlarut-larut mengompor-ngompori kasus eksekusi Zaini dengan usul-usul yang justru merugikan bangsa Indonesia secara luas.

"Kalau ada yang usul tarik dubes Indonesia atau usir dubes Arab Saudi tidak perlu. Walau bagaimanapun kita punya kaitan erat dengan mereka. Cuma mungkin kita protes cara mereka memperlakukan WNI," ujarnya.

Iqbal berharap, ke depan tidak ada lagi TKI Indonesia yang dihukum mati di luar negeri. "Tugas melindungi TKI itu sebenarnya ada di BNP2TKI dan Kemenaker, kalau 2 institusi ini tidak efektif melindungi TKI perlu dijewer. Jangan sampai citra Presiden Jokowi rusak karena anak buah tidak bekerja dengan baik," ujarnya.

Misrin sebelumnya didakwa membunuh majikannya di Kota Mekkah pada tahun 2004. Presiden Jokowi sempat meminta Raja Salman untuk meninjau kembali kasus pidana yang menimpa Zaini tersebut.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Komisi IX Desak Pemerintah Kirim Nota Protes Ke Saudi
Komisi IX Desak Pemerintah Kirim Nota Protes Ke Saudi
https://4.bp.blogspot.com/-Zpwh-0YNayE/WrH5RELwgJI/AAAAAAAAB4o/R0uxoixoPYsX3RKnCyyzIM1fW94BckCcQCLcBGAs/s640/dpr-ri-1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Zpwh-0YNayE/WrH5RELwgJI/AAAAAAAAB4o/R0uxoixoPYsX3RKnCyyzIM1fW94BckCcQCLcBGAs/s72-c/dpr-ri-1.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/03/komisi-ix-desak-pemerintah-kirim-nota.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/03/komisi-ix-desak-pemerintah-kirim-nota.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy