Pilpres 2019 Tak Menutup Kemungkinan Capres Tunggal

Ketua DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan, pilpres bukan hanya sebagai salah satu pilar demokrasi, namun juga sebagai sarana evaluasi...


Ketua DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan, pilpres bukan hanya sebagai salah satu pilar demokrasi, namun juga sebagai sarana evaluasi terhadap kepemimpinan nasional.

"Saat pilpres ini
masyarakat diberikan peluang untuk memilih antara yes or no mau dilanjutkan atau tidak terhadap kepemimpinan yang ada," katanya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (10/3).

Menurutnya, sisi lain Pilpres adalah untuk melakukan regenerasi, agar estafet kepemimpinan ini bergulir kepada mereka yang lebih muda. Iklim demokrasi yang baik akan dapat melahirkan pola kepemimpinan yang dinamis.

"Hal ini ditandai dengan adanya wajah-wajah baru yang tampil sebagai capres dan cawapres. Banyaknya capres dan cawapres yang berlaga dalam Pilplres 2019 dapat menjadi indikator dinamika politik yang terjadi di negeri ini," cetusnya.

Menurut Aboe, semakin banyak capres, berarti suasana politik kita sedang dinamis. Seharusnya, dengan 10 parpol yang ada, dapat memunculkan 3 atau 4 pasang paslon Capres.

Namun realitas politik sepertinya, pemilu 2019 ini bisa jadi hanya akan diikuti dua pasangan calon. Dan bahkan, tidak menutup kemungkinan akan lahir calon tunggal," katanya.

Ada dua faktor utama yang menimbulkan situasi ini, pertama elektabilitas Pak Jokowi nyaris tak terkejar oleh calon yang lain.
Kedua, tentunya partai yang berlaga tidak mau kalah. Sehingga, parpol yang ada akan cenderung merapat kepada pasangan yang berpotensi menang.

"Lahirnya calon tunggal, yang berarti memungkinkan Pak Jokowi akan melawan kotak kosong. Saya kira kasihan pak Jokowi nanti jika harus melawan kotak kosong. Tentunya ini akan menjadi presenden buruk dalam iklim demokrasi Indonesia," katanya.

Aboe menambahkan, hal ini pertanda tidak baik untuk iklim demokrasi di negara kita. Apalagi jika ada keajaiban jika kotak kosong sampai menang, tentunya ini semakin akan memperburuk situasi.

"Para tokoh yang hadir hari ini harusnya memperhatikan situasi ini. Perlu ada kepedulian bersama terhadap situasi ini. Bagaimana kita mempertahanan kualitas demokrasi kita. Baik dari segi penyelenggaraannya, dari independesi penyelenggaranya, hingga pada pesertanya," pungkasnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Pilpres 2019 Tak Menutup Kemungkinan Capres Tunggal
Pilpres 2019 Tak Menutup Kemungkinan Capres Tunggal
https://3.bp.blogspot.com/-3n82vSsGRzQ/WqNxZdPt6hI/AAAAAAAAB1o/kbf4ZJ9eJIYtGTH6-gFqd-WhWCPOAPwFwCLcBGAs/s640/IMG-20180308-WA0010.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-3n82vSsGRzQ/WqNxZdPt6hI/AAAAAAAAB1o/kbf4ZJ9eJIYtGTH6-gFqd-WhWCPOAPwFwCLcBGAs/s72-c/IMG-20180308-WA0010.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/03/pilpres-2019-tak-menutup-kemungkinan.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/03/pilpres-2019-tak-menutup-kemungkinan.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy