Dewan Minta Menkominfo Jewer Facebook

Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha mengatakan, Menkominfo Rudiantara bisa menempuh jalur hukum terhadap Facebook untuk menyikapi k...


Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha mengatakan, Menkominfo Rudiantara bisa menempuh jalur hukum terhadap Facebook untuk menyikapi kasus bocornya data pengguna Warga Negara Indonesia. Langkah hukum bisa dilakukan guna melindungi kepentingan warga Indonesia pengguna Facebook.

"Kebocoran data pengguna Facebook ini tidak bisa dianggap sepele. Ini masalah serius yang perlu disikapi kita semua. Pemerintah bila perlu membawa kasus ini ke ranah hukum menggunakan UU ITE," katanya, Senin (9/4).

Syaifullah mengatakan, operator media sosial bisa saja menyalahgunakan data pelanggannya untuk kepentingan politik, ekonomi, informasi ataupun kepentingan lainnya. 
Dia menyampaikan, di Indonesia, penyalahgunaan data informasi elektronik bisa dijerat pidana sesuai dengan ketentuan UU Informasi dan Teknologi. 

"Jangan sampai Facebook ini dibiarkan memainkan data WNI, karena bisa menjadi preseden buruk bagi perkembangan dunia media sosial di Tanah Air. Menkominfo karena itu harus tegas," katanya.

Ketua DPP PPP ini membeberkan, persoalan Facebook di Tanah Air sesungguhnya bukan hanya menggenai kebocoran penggunaan data pelanggan, tapi juga masalah kepatuhan membayar pajak.

"Dari kasus kebocoran data ini kita akan panggil pihak Facebook ke DPR. Nanti kita mau tanya juga soal kepatuhan mereka membayar pajak di Indonesia. Kalau tidak patuh bayar pajak, perlu ada langkah tegas dari pemerintah," cetusnya.

Syaifullah menasehati,  warga masyarakat agar lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial seperti Facebook. Agar jangan sampai data pribadi disalahgunakan oleh operator.

"Keberadaan medsos ini sebenarnya patut disyukuri. Tapi jangan sampai dipergunakan untuk hal-hal tidak baik. Misalnya bikin komunitas LGBT," kelakarnya.

Dalam kesempatan ini, tokoh muda asal Kalimantan Selatan ini juga mengingatkan Menkominfo tak hanya menyelesaikan kasus kebocoran data pelanggan Facebook.

"Kita juga minta Menkominfo mengklarifikasi soal dugaan adanya penyalahgunaan data pelanggan telepon selular di Indonesia. Jangan sampai program registrasi sim card dari Kemenkominfo beberapa waktu lalu disalahgunakan untuk kepentingan politik," ingatnya.

Syaifullah mengingatkan, kebocoran data pribadi seseorang rawan disalahgunakan untuk kepentingan penipuan online atau tindak pidana siber lainnya.

"Bila perlu kita buat UU Perlindungan Data Pribadi. Untuk memproteksi dan memberikan perlindungan hukum kepada masyarakat pengguna internet. Pihak-pihak yang membocorkan atau mencuri data pribadi seseorang bila perlu diberikan sanksi pidana," cetusnya.

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Dewan Minta Menkominfo Jewer Facebook
Dewan Minta Menkominfo Jewer Facebook
https://4.bp.blogspot.com/-DUQuJhz9sdw/Wssy5wq1mPI/AAAAAAAAB-Y/yfAfVLKhXrM3ouCU7fVPfE-RTn3yj9nFwCLcBGAs/s640/IMG-20180130-WA0000.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-DUQuJhz9sdw/Wssy5wq1mPI/AAAAAAAAB-Y/yfAfVLKhXrM3ouCU7fVPfE-RTn3yj9nFwCLcBGAs/s72-c/IMG-20180130-WA0000.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/04/dewan-minta-menkominfo-jewer-facebook.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/04/dewan-minta-menkominfo-jewer-facebook.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy