Pemkab Abdya Bantu Masyarakat Miskin Melalui Pinjaman Tanpa Bunga

Dalam hal pengentasan kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) provinsi Aceh, dan juga mencegah pedagang kecil mengambil pinjama...


Dalam hal pengentasan kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) provinsi Aceh, dan juga mencegah pedagang kecil mengambil pinjaman di bank-bank atau koperasi jalanan, pemerintah setempat membantu pedagang kecil tersebut dengan cara meminjamkan uang tanpa bunga dan juga tanpa agunan.

Hal tersebut telah dilakukan Pemkab setempat melalui lembaga keuangan mikro sejak dua bulan terakhir yang di jalankan oleh Jasman sebagai Koordinator dan teman-temannya yang tergabung dalam relawan pemenangan Akmal - Muslizar. Sedangkan uang yang dipinjamkan tersebut berasal dari para dermawan di Abdya.

Wakil bupati Abdya Muslizar MT, pada pencairan tahap ini langsung terjun kelokasi pedagang yang sudah terdaftar sebagai calon nasabah, Wabup juga menyerahkan sejumlah uang yang pinjaman tersebut kepada pedagang sebagai modal usaha masyarakat miskin, Selasa (25/9/2018).

"Sejak program ini kita jalankan, sekitar 60 orang pedagang kecil sudah terbantukan. Pinjaman ini tanpa bunga apalagi agunan, dan nominalnya berkisar 500 ribu rupiah per pedagang yang akan dicicil selama dua bulan," ungkap Wabup Abdya Muslizar. MT seraya mengatakan tergantung juga kesanggupan para pedagang.

Selain tanpa bunga, pinjaman ini juga tanpa dibebankan biaya sepeser kepada pedagang, sebab, bantuan dalam bentuk pinjaman ini khusus bagi pedagang kecil yang kurang mampu, dengan tujuan para pedagang tersebut mendapatkan untung lebih tanpa harus menutupi bunga pinjaman.

"Berapa yang dipinjam segitu yang dikembalikan. Tidak ada limit waktu pelunasan," jelasnya.

Menyangkut persyaratan, Wabup Muslizar mengakui tidak ada persyaratan memberatkan pedagang, para petugas akan langsung turun ke lokasi dan melihat langsung layak atau tidaknya dibantu. Sedangkan bagi pedagang yang layak dibantu tersebut cuma diminta fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik dagangan sebagai bukti identitas warga.

"Pinjaman ini khusus untuk warga Abdya yang berdagang kecil-kecilan, Dengan harapan ini bisa mendongkrak modal usaha. Dan memberantas riba," tegas Wabup Muslizar. MT.

Keterbatasan modal merupakan suatu kendala untuk membantu pedagang kecil lebih banyak dalam sebulan, sehingga, Wabup Muslizar mengatakan pemberian bantuan pinjaman itu masih dalam kawasan pasar pagi Blangpidie dan pasar pagi kemukiman Rawa.

"Jika modalnya nanti bertambah maka akan diperluas jangkauannya hingga ke pasar-pasar lain di sejumlah kecamatan dalam kabupaten Abdya," sebutnya.

Lebih lanjut Wabup Muslizar menegakkan, bahwa bantuan dalam bentuk pinjaman itu bukanlah program dari pemerintah Abdya, namun, hasil dari sedekah para dermawan yang mempercayai pada lembar itu.

"Siapapun yang ingin bersedekah boleh ke kami, nanti akan kami salurkan kepada pedagang yang berhak," imbuh Wabup.

Wabup juga menyampaikan komitmennya terhadap menjalani kegiatan itu, walaupun dengan modal yang sangat minim dan petugas tanpa diberikan jerih payah, akan terus membenahi kegiatan ini agar dapat menyebar keseluruhan kecamatan di Abdya.

"Mereka adalah relawan, bekerja ikhlas untuk membantu sesama," sebut Wabup.

KOMENTAR

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Pemkab Abdya Bantu Masyarakat Miskin Melalui Pinjaman Tanpa Bunga
Pemkab Abdya Bantu Masyarakat Miskin Melalui Pinjaman Tanpa Bunga
https://2.bp.blogspot.com/-jc9tcbnAmyo/W6ohkpd_XkI/AAAAAAAAAHs/axtPGe7lnc4OY2SCOswIMGmTuO3uVSdfwCLcBGAs/s320/IMG-20180925-WA0032.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-jc9tcbnAmyo/W6ohkpd_XkI/AAAAAAAAAHs/axtPGe7lnc4OY2SCOswIMGmTuO3uVSdfwCLcBGAs/s72-c/IMG-20180925-WA0032.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/09/pemkab-abdya-bantu-masyarakat-miskin.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/09/pemkab-abdya-bantu-masyarakat-miskin.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy