Tahun Politik, Mensos Minta Perhatikan 3 Sikap Penting ini Dalam Menggunakan Medsos

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak semua pihak untuk  memperkuat persaudaraan dan menghormati setiap individu tanpa memandan...

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak semua pihak untuk  memperkuat persaudaraan dan menghormati setiap individu tanpa memandang status sosial baik agama, ras, budaya dan suku, memasuki tahun politik seperti sekarang. 

"Marilah kita teladani kepribadian agung Al-Maghfurlah KH. Sholeh Nahrawi dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Persaudaraan yang kuat, kearifan dalam menyikapi perbedaan, dan budaya toleransi harus terus dikuatkan,"  tutur Mensos dihadapan ribuan umat yang menghadiri Haul Akbar Al-Marhum Wa Al-'Arif Billah 
Nun Kalim KH. Sholeh Nahrawi di Pondok Pesantren Baitus Sholihin, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

Mewakili Presisen Joko Widodo, kehadiran Mensos disambut Pengasuh Pondok Pesantren Baitus Sholihin Genggong, KH. Mohammad Hasan Ainul Yaqin Mutawakkil 'Alalloh, Gubernur Jawa Timur, Bupati Probolinggo, Pimpinan Muspida Probolinggo dan ribuan Para Santri Pondok Pesantren Baitus Sholihin. 

Di hadapan lautan santri dan jamaah haul yang berbusana putih-putih, Menteri Agus mengatakan perbedaan pendapat atau pandangan dalam iklim demokrasi tidak semestinya membelah umat, namun justru harus saling memperkuat dalam rangka membangun Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera. 

Di tahun politik ini, lanjutnya, berbagai bentuk informasi yang mengandung kebencian, hasutan, propaganda, kabar palsu, dan fitnah untuk menjatuhkan lawan politik semakin marak. Ditambah lagi di era digital seperti sekarang, penyebaran kabar yang menyesatkan dilakukan sangat cepat dan masif melalui internet dan media sosial. 

"Padahal sesungguhnya melalui media sosial kita dapat menjadikannya media efektif untuk menyebarkan informasi yang mengedepankan sikap tasamuh (toleransi), tawassuth (tidak ekstrim), dan tawazun (keseimbangan). Maka gunakan media sosial dengan bijak," kata Menteri. 

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk terus belajar, menambah pengetahuan, cek dan ricek informasi. Dengan pengetahuan yang luas, masyarakat tidak mudah terprovokasi kabar hoax dan lebih hati-hati dalam menyebarkan informasi. 

"Poin utama yang ingin saya sampaikan adalah pentingnya pengetahuan dan kearifan dari setiap individu masyarakat dalam menerima, menyaring, dan menggunakan informasi yang diterima," tambahnya.


Pesan Presiden

Dalam pidato sambutannya, Mensos juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. 

"Saya hadir di sini untuk menyampaikan pesan dan titipan salam hangat Bapak Presiden Jokowi yang dengan sangat menyesal berhalangan hadir karena ada tugas negara yang tidak dapat beliau tinggalkan," terangnya.

Meski demikian, lanjut Mensos, Presiden berharap ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama muslim), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama anak bangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama manusia) tetap terjalin dengan erat. 

"Saya pribadi sangat bahagia berada ditengah-tengah keluarga besar Pondok Pesantren Baitus Sholihin. Saya merasakan nikmatnya tradisi ikromud dhoif (menghormati tamu) yang luar biasa yang diwariskan oleh Al-'Arif Billah KH. Sholeh Nahrowi," katanya. 

Menteri mengungkapkan, pesantren memiliki fungsi strategis dan sumber daya yang besar  di bidang sosial dan ekonomi. Ia berharap ke depan pesantren menjadi sentra kegiatan sociopreneurship dan enterpreneurship dalam rangka membangun kemandirian di lingkungan pesantren dan masyarakat sekitar. Khususnya mereka yang tergolong fakir dan miskin sehingga mereka memiliki taraf kehidupan yang lebih baik.

Terinspirasi kisah Al-Marhum yang memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, ia berharap kelembagaan pesantren yang baik diiringi fungsi sosial yang kuat akan mengarahkan pada tujuan berbangsa dan bernegara, yakni membangun masyarakat yang adil dan makmur di bawah naungan ridho Allah SWT. 

"Karenanya saya membuka pintu bagi pesantren untuk terlibat dalam menyukseskan program-program pemerintah di Kementerian Sosial," katanya. (*)

KOMENTAR

BLOGGER

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Tahun Politik, Mensos Minta Perhatikan 3 Sikap Penting ini Dalam Menggunakan Medsos
Tahun Politik, Mensos Minta Perhatikan 3 Sikap Penting ini Dalam Menggunakan Medsos
http://1.bp.blogspot.com/-EVWkEbGH5DE/W5ydXu-AF4I/AAAAAAAAGGA/I3W0fwdCvfYVi9K6e_4sOCpT6dC5S_MegCK4BGAYYCw/s320/IMG-20180915-WA0012-756536.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-EVWkEbGH5DE/W5ydXu-AF4I/AAAAAAAAGGA/I3W0fwdCvfYVi9K6e_4sOCpT6dC5S_MegCK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20180915-WA0012-756536.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/09/tahun-politik-mensos-minta-perhatikan-3.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/09/tahun-politik-mensos-minta-perhatikan-3.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy