Melalui LKS, Kesejahteraan Sosial Masyarakat Mampu Ditingkatkan

Tujuan pembentukan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) guna mencegah terjadinya permasalahan sosial dengan meningkatkan pelayanan sosial, h...

Tujuan pembentukan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) guna mencegah terjadinya permasalahan sosial dengan meningkatkan pelayanan sosial, hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh Drs Alhudri MM, saat membuka acara sosialisasi LKS bagi intansi terkait tahun 2018 di Hotel Grand Arabia, Banda Aceh, Jumat (12/10/2018).

Hal ini juga untuk memperkuat dan mengembangkan kemampuan serta peran dan potensi sumber kesejahteraan sosial di masyarakat dengan adanya LKS atau Organisasi Sosial (Orsos).

“Karena itu LKS dituntut mampu bekerja dalam mencegah terjadinya permasalah sosial yang timbul di masyarakat,” kata Kadis Sosial Aceh, Alhudri.

Untuk pelaksanaan LKS, juga harus didukung oleh sumber daya yang mumpuni, baik itu sumber  manusia, pendanaan serta sarana dan prasarana.

"Selanjutnya, LKS yang telah memenuhi syarat wajib mendaftarkan lembaga tersebut ke intansi terkait, dalam hal ini ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP). Kemudian, DPM PTSP akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Aceh menyangkut kelayakan penerbitan izin yang diajukan oleh LKS tersebut," sebutnya.

Alhudri menuturkan, hakikat kesejahteraan sosial merupakan tanggungjawab bersama pemerintah dan masyarakat sebagai isyarat untuk terbukanya peluang dan keikutsertaan masyarakat dalam usaha kesejahteraan sosial. Karena LKS adalah organisasi sosial atau perkumpulan sosial yang melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh masyarakat baik berbadan hukum maupun yang belum berbadan hukum.

Melalui organisasi sosial, katanya, dapat dijadikan indikator seberapa besar peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, karena pertumbuhan organisasi sosial merupakan perwujudan atau penjelamaan dari tanggungjawab masyarakat sebagai mitra pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk daoat memberikan motivasi dan pembinaan yang maksimal agar ke depan LKS mampu menjadi mitra kerja yang professional sehingga permasalah  sosial mampu teratasi dengan baik dan sempurna,” harap Alhudri.

Sementara itu, Isnandar AKs, M.Si, selaku ketua panitia acara mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk meningkatkan peran intansi sosial dan sumber daya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut menghadirkan peserta dari dinas sosial kabupaten/kota, DPM PTSP, serta Kesbangpol kabupaten/kota di Aceh. Sementara pemateri didatangkan dari unsur DPM PTSP, Kemenkumham, Kesbangpol dan Dinas Sosial Aceh.

KOMENTAR

Google+ Badge

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Melalui LKS, Kesejahteraan Sosial Masyarakat Mampu Ditingkatkan
Melalui LKS, Kesejahteraan Sosial Masyarakat Mampu Ditingkatkan
https://1.bp.blogspot.com/-V-rtEpS2sNQ/W8HLPowWF0I/AAAAAAAAAPM/4ZArocCmxG8MlJgJG69Yb4az8L2JKb-8gCLcBGAs/s320/IMG-20181013-WA0036.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-V-rtEpS2sNQ/W8HLPowWF0I/AAAAAAAAAPM/4ZArocCmxG8MlJgJG69Yb4az8L2JKb-8gCLcBGAs/s72-c/IMG-20181013-WA0036.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/10/melalui-lks-kesejahteraan-sosial.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/10/melalui-lks-kesejahteraan-sosial.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy