Lawan Kezaliman dan Kejahatan HAM

Nasib etnis Uighur tengah menjadi perhatian dunia, menyusul tingginya krisis kemanusiaan yang kembali menimpa jutaan warga Uighur di Xin...



Nasib etnis Uighur tengah menjadi perhatian dunia, menyusul tingginya krisis kemanusiaan yang kembali menimpa jutaan warga Uighur di Xinjiang, Cina. Masyarakat ramai membincang hak asasi etnis Uighur, yang kini dibelenggu regulasi Pemerintah Cina.

Protes disuarakan, termasuk dukungan kemanusiaan dari seluruh elemen bangsa Indonesia. Sebagai bagian dari elemen bangsa yang humanis, Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut menyatakan sikap atas adanya bentuk kezaliman terhadap nilai-nilai kemanusiaan tersebut. Salah satunya adalah tuntutan terhadap Pemerintah Cina untuk mengakhiri penindasan terhadap etnis Uighur.

Hal ini disampaikan oleh Presiden ACT Ahyudin di sela konferensi pers terkait pernyataan sikap dan aksi kemanusiaan untuk Uighur, Jumat (21/12). “Hari ini dunia tau seperti apa krisis yang menimpa Uighur yang bersumber dari kezaliman pemerintah mereka, seperti pelarangan hak untuk beribadah. Siapa pun dan di mana pun umat yang mengalami kekejaman atau kezaliman, maka sudah sewajarnya ACT, lembaga kemanusiaan, menyuarakan dukungan kemanusiaan bagi mereka, termasuk Uighur,” ungkap Ahyudin, Jumat (21/12).

 Ahyudin juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama mengimbau bangsa Indonesia agar terus menyuarakan keadilan dan pembelaan atas etnis Uighur di Cina dan di berbagai negara tempat mereka mencari suaka.

 “Kami sangat berharap, apa yang kami lakukan ini dapat mempelopori gerakan kepedulian umat atas tragedi yang menimpa etnis Uighur. Kami tengah berikhtiar untuk memberikan dukungan advokasi, dan juga bantuan kemanusiaan seperti yang selama ini ACT lakukan untuk warga dunia yang terdampak krisis kemanusiaan,” imbuh Ahyudin.

 Terkait dukungan kemanusiaan, ACT telah mengirimkan Tim Sympathy of Solidarity (SOS) untuk Uighur I. Tim kemanusiaan ini diberangkatkan secara bertahap, menuju wilayah-wilayah di mana etnis Uighur mengungsi dari tindakan represi Pemerintah Cina di Xinjiang. Sejumlah wilayah tersebut di antaranya Turki, Kirgistan, Kazakhstan, dan Uzbekistan.

 “Keempat negara itu bertetangga dengan Xinjiang dan menjadi destinasi utama warga Uighur dalam mencari suaka. Ada ratusan ribu jiwa Uighur tersebar di empat negara tersebut. Ke sana lah tim kami menuju,” terang Syuhelmaidi Syukur selaku Senior Vice President ACT, Jumat (21/12).

 Tidak hanya itu, Syuhelmaidi menambahkan bahwa Tim SOS untuk Uighur I juga tengah berikhtiar untuk dapat menjangkau warga Uighur di Xinjiang, Cina. Ikhtiar menjalankan aksi kemanusiaan di Xinjiang, menurut Syuhelmaidi, akan menjadi upaya yang menantang, mengingat wilayah tersebut menjadi pusat krisis Uighur saat ini. Namun demikian, dengan “Kami hanya bisa berusaha yang terbaik dan berdoa kepada Allah SWT. Dengan pengalaman 13 tahun menjalankan aksi-aksi kemanusiaan, kami yakin ada jalan dan kita bisa masuk ke wilayah tersebut. Misi ini kan misi baik, yakinlah banyak orang-orang baik yang akan membantu kita. Atas nama lembaga dan bangsa, kami memberanikan diri mengirimkan tim ke sana,” ungkap Syuhelmaidi.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Lawan Kezaliman dan Kejahatan HAM
Lawan Kezaliman dan Kejahatan HAM
https://4.bp.blogspot.com/-8LdcL8KkYOg/XB-IMNW7lDI/AAAAAAAACnI/idtfAWenEnIRK-hY-SNO39CsoW2Jz7pdwCLcBGAs/s640/kota%2Bsana%2527a.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-8LdcL8KkYOg/XB-IMNW7lDI/AAAAAAAACnI/idtfAWenEnIRK-hY-SNO39CsoW2Jz7pdwCLcBGAs/s72-c/kota%2Bsana%2527a.jpeg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2018/12/lawan-kezaliman-dan-kejahatan-ham.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2018/12/lawan-kezaliman-dan-kejahatan-ham.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy