Rp 1 Miliar Ancaman Bagi Penyebar Berita Hoax

Masyarakat perlu bijak dalam menyebar informasi di media sosial. Masyarakat harus punya sikap kritis untuk menangkal hoax yang bermuncul...



Masyarakat perlu bijak dalam menyebar informasi di media sosial. Masyarakat harus punya sikap kritis untuk menangkal hoax yang bermunculan menjelang pemilu.

Hal tersebut disampaikan oleh Habib Aboe Bakar Alhabsyi dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, kemarin.

“Terkadang tersebar informasi yang tidak benar beredar di masyarakat, ini harus diantisipasi dengan baik, jangan sampai kita terjebak ikut-ikutan menyebarkan hoax," katanya.

Aboe bilang, mendekati pemilu terkadang banyak yang menyebarkan berita bohong dan dampaknya sangat berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Aboe menerangkan bahwa terdapat ancaman pidana untuk para penyebar hoax, baik itu di media konvensional ataupun media sosial. 

“Anda yang menyebar kabar bohong, harap berhati-hati ancamannya tidak main-main, bisa kena pidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar," ingatnya.

Ketua DPP PKS ini menambahkan, Pelaku penyebar hoax bisa terancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE. Menurutnya persatuan harus diutamakan, jangan  sampai dirusak dengan berita bohong.

 Oleh karena itu, daya kritis masyarakat menangkal berita hoax mesti ditumbuhkan. “Pemilu harus diselenggarakan dengan aman dan mengutamakan persatuan. Semua pihak harus bisa menjaga diri dan mawas diri agar tidak menyebar berita bohong,” terang anggota MPR RI dapil Kalimantan Selatan 1 tersebut.

Pada akhirnya Aboe  berpesan agar semua pihsk mengantisipasi adanya berita hoax.  “Kalau ada kabar yang diterima, mari kita lakukan cek dan ricek terlebih dahulu, jangan langsung disebar. Kita dapat melakukan konfirmasi kepada pihak terkait atau melihat pada sumber resmi yang tersedia,” pesannya kepada seluruh peserta sosialisasi.

KOMENTAR

BLOGGER
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Rp 1 Miliar Ancaman Bagi Penyebar Berita Hoax
Rp 1 Miliar Ancaman Bagi Penyebar Berita Hoax
https://4.bp.blogspot.com/-u056YtnBdQw/XESbAygkrLI/AAAAAAAACr0/sDMY6Lc21MMGuEBM0AiprjNbqr6n-om_gCLcBGAs/s640/dpr-ri-1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-u056YtnBdQw/XESbAygkrLI/AAAAAAAACr0/sDMY6Lc21MMGuEBM0AiprjNbqr6n-om_gCLcBGAs/s72-c/dpr-ri-1.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2019/01/rp-1-miliar-ancaman-bagi-penyebar.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2019/01/rp-1-miliar-ancaman-bagi-penyebar.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy