Wakaf Sumur Global Wakaf Bagi Warga Riau

Air merupakan kebutuhan vital, tidak hanya bagi tubuh manusia, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, apa jadinya kal...




Air merupakan kebutuhan vital, tidak hanya bagi tubuh manusia, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, apa jadinya kalau kebutuhan vital tersebut sulit untuk diperoleh? Begitulah kondisi yang dialami oleh masyarakat Desa Sekeledi, Kabupaten Rokan Hillir, Provinsi Riau.

Desa yang berada di wilayah hulu Sungai Rokan ini merupakan wilayah lahan gambut dengan kondisi air yang berbau dan sudah berwarna coklat. Sungai sudah tidak dapat lagi diandalkan karena sudah tercemar dan hanya bisa digunakan untuk mandi serta mencuci.

Untuk kebutuhan minum dan memasak, masyarakat mengandalkan air hujan dan mengambil air di area perbukitan atau dengan membeli air bersih.

“Kita terpaksa beli air untuk keperluan sehari-hari. Satu jeriken air bersih dibandrol dua ribu lima ratus rupiah dan per drum sepuluh ribu rupiah," sebut Zulhairi, salah seorang warga. Melihat kondisi tersebut, Tim Global Wakaf membangun Sumur Wakaf sebagai solusi pengentasan masalah air di sana.

Sebelum pembangunan sumur, tim terlebih dahulu melakukan rembuk warga pada Akhir Desember 2018 lalu dan dilanjutkan dengan pembangunan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) pada Rabu (2/1).

 Wahyu Fitra Suryanda dari Tim Global Wakaf menuturkan, untuk pembangunan Sumur Wakaf sendiri akan dilakukan pada Sabtu (12/1).

“Insya Allah, kalau tidak ada halangan kita akan lakukan pemboran sumur di lingkungan Musala Al-Iman. Semoga pembangunan sumur ini nantinya berjalan lancar,” kata Wahyu.

 Pemilihan Musala Al-Iman tersebut dikarenakan lokasinya yang terletak di pinggir jalan utama dan dekat dengan pusat keramaian di Desa Sekeladi, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengambil air ke sini.

Pembangunan ini sebagai bentuk ikhtiar Global Wakaf untuk membantu memecahkan masalah air di Desa ini. “Dengan adanya Sumur Wakaf ini, uang yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk membeli air, bisa dialihkan untuk keperluan lainnya yang lebih penting," imbuh Wahyu.

 Pengurus musala bersama masyarakat setempat juga telah berazam akan menanggung seluruh biaya yang timbul akibat pendistribusian air bersih yang dimanfaatkan warga. Sehingga, warga tidak akan dibebankan lagi untuk biaya operasional. Dana yang akan digunakan dari kas kotak infak yang dikhususkan untuk operasional air bersih.

 "Alhamdulillah, Global Wakaf menginisiasi satu program yang memberi solusi dan keberkahan hidup jangka panjang bagi masyarakat, bekerjasama dengan masyarakat sekitar yang mampu memberikan jutaan manfaat dan kebaikan," pungkas Wahyu.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Wakaf Sumur Global Wakaf Bagi Warga Riau
Wakaf Sumur Global Wakaf Bagi Warga Riau
https://4.bp.blogspot.com/-2vbkYj3VKqE/XDb01XSbi3I/AAAAAAAACq0/scqoVUXxhj0nrDPTm0Yhmdm8YawVDId4wCLcBGAs/s640/wakaf.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-2vbkYj3VKqE/XDb01XSbi3I/AAAAAAAACq0/scqoVUXxhj0nrDPTm0Yhmdm8YawVDId4wCLcBGAs/s72-c/wakaf.jpeg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2019/01/wakaf-sumur-global-wakaf-bagi-warga-riau.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2019/01/wakaf-sumur-global-wakaf-bagi-warga-riau.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy