Pendidikan Kedokteran Perlu Diatur Dengan Baik

DPD RI melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama Kepala Badan Pengembangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehata...



DPD RI melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama Kepala Badan Pengembangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan (BPPSDMK Kemenkes) Usman Soemantri dan pihak Kemenristek-Dikti Diar Wahyuni membahas Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (RUU Pendok).

Wakil Ketua Komite III DPD RI Novita Anakotta menjelaskan bahwa kesehatan menjadi salah satu hak asasi yang fundamental bagi setiap warga negara. Secara normatif, hak atas kesehatan diamanatkan oleh Pasal 28H dan Pasal 34 ayat (3) UUD 1945. Dalam konteks dan konsep HAM ketentuan tersebut mengandung makna bahwa hak atas kesehatan merupakan jenis hak positif, mewajibkan pada negara untuk memenuhinya bagi warga negara.

“RUU Pendidikan Kedokteran ini strategis dan perlu dibahas lebih mendalam. Kami melihat derajat pemenuhan kesehatan warga negara akan sangat tergantung pada sumber daya tenaga kesehatan, salah satunya dokter. Dokter tidak hanya menolong mengobati pasien, tetapi juga membantu masyarakat agar dapat hidup sehat dalam kondisi lingkungan yang lebih baik. Agar tercapai tujuan tersebut diperlukan pendidikan kedokteran yang baik,” katanya saat memimpin RDP di Ruang Rapat Komite III DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta.

Novita menyampaikan, pendidikan kedokteran merupakan inti dari tenaga dokter yang berkualitas. Oleh karena itu, pendidikan kedokteran perlu dilihat secara komprehensif sebagai bagian dari sistem kesehatan nasional. Kebutuhan dokter yang kompeten menjadi sangat krusial jika dihadapkan pada berbagai persoalan kompleks menyangkut profesi dokter di Indonesia, antara lain.

“Kita mengapresiasi penyusunan RUU Pendidikan Kedokteran ini. Kita akan menampung aspirasi semua pihak terkait untuk merumuskan pandangan dan pertimbangan atas penyusunan RUU ini. Kita ini RUU ini sesuai dengan aspirasi dan kepentingan daerah dan seluruh masyarakat,” katanya.

Kepala BPPSDMK Kemenkes Usman Soemantri menilai, perubahan RUU Pendidikan Kedokteran saat ini tidak diperlukan karena sudah ada UU Pendidikan Kedokteran.

“UU Pendidikan Kedokteran lama saja belum dilaksanakan dengan baik, tapi kok sudah ada RUU baru. RUU ini sebenarnya diajukan teman-teman profesi. Kami Kemenkes merasa tidak pernah dilibatkan,” katanya.

Usman menjelaskan, sebenarnya beberapa daerah di Indonesia sudah kebanyakan dokter. Dokter di DKI Jakarta, Sulsel ini sudah terlalu banyak dokter. Tapi penyebaran dokter di daerah tidak merata. Saat ini tercatat ada 728 puskesmas yang tidak memiliki dokter.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Pendidikan Kedokteran Perlu Diatur Dengan Baik
Pendidikan Kedokteran Perlu Diatur Dengan Baik
https://2.bp.blogspot.com/-HNML7EFKGDQ/XItNZly18KI/AAAAAAAACvU/F04ZIr3qk6M8eETmXVcnXSmZHj1SDUgswCLcBGAs/s640/IMG-20190315-WA0000.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-HNML7EFKGDQ/XItNZly18KI/AAAAAAAACvU/F04ZIr3qk6M8eETmXVcnXSmZHj1SDUgswCLcBGAs/s72-c/IMG-20190315-WA0000.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2019/03/pendidikan-kedokteran-perlu-diatur.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2019/03/pendidikan-kedokteran-perlu-diatur.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy