Bosan Ke Mall, Ini 2 Destinasi Wisata Murah Meriah Jika Anda Ke Jakarta

Hutan kota di kompleks Gelora Bung Karno. Foto: Instagram @jktinfo. Selama bekerja di Jakarta, bolak-balik pulang kampung halaman su...

  • Hutan kota di kompleks Gelora Bung Karno. Foto: Instagram @jktinfo.

Selama bekerja di Jakarta, bolak-balik pulang kampung halaman sudah menjadi rutinitas. Bisa tahunan, bahkan bulanan. Tergantung keperluan. Biasanya kami sesekali menggunakan rute pesawat Medan-Jakarta.

Selain, tidak jauh beda jaraknya antara Banda Aceh dan Medan dengan kampung halaman kami yang berada di Labuhan Haji, Aceh Selatan. Biasanya tiket pesawat Medan Jakarta jauh lebih murah daripada Banda Aceh-Jakarta. Apalagi setiap ada promo di aplikasi tiket pegipegi.com.

Tidak hanya kami yang pulang, sering juga keluarga atau kerabat yang mengunjungi kami ke Jakarta. Tentu, kami harus meluangkan waktu untuk membawa mereka berkeliling ibu kota negara yang mau dipindah ini.

Jalan-jalan di Jakarta, tidak melulu ke mall. Di balik kian meluas dan lebatnya hutan beton, bekas ibu kota VOC ini ternyata masih menyimpan spot-spot unik lain yang tidak kalah indahnya.

Kami punya 2 destinasi wisata favorit dan murah meriah, yang bisa menjadi referensi anda ketika berkunjung ke Jakarta.

1. Setu Babakan
Setu Babakan. Foto: Instagram


Selain menawarkan keindahan danau, salah satu objek wisata yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan ini juga menyuguhkan nuansa budaya Betawi yang kental. Karena di sini ada perkampungan Betawi.

Tidak lengkap rasanya, jika ke Jakarta tidak berkunjung ke sini. Di saat, warga asli Betawi dan budayanya semakin sulit ditemukan di pusat kota yang penduduknya kian multi-etnis. Berasal dari berbagai etnis, tidak hanya dari Indonesia tapi juga ekspatriat atau pekerja dari luar negeri.

Di sini, kita bisa menikmati berbagai sajian kuliner tradisional khas Betawi. Mulai dari kerak telor, soto betawi, dodol betawi, laksa betawi, kue rangi, roti buaya, hingga bir pletok.

Minuman yang disebutkan terakhir itu tidak mengandung alkohol sama sekali lho. Minuman itu dibuat dari rebusan jahe, secang, dan gula. Ada sensasi segar berpadu hangatnya jahe di tenggorokan saat diminum.

Soal harga, juga sangat bersahabat. Rata-rata, harga makanan dan minuman hanya dibanderol antara Rp5 ribu hingga Rp20 ribu saha per-porsinya.

Untuk masuk ke sana juga gratis. Tapi jika anda datang dengan berjalan kaki atau sepeda. Apabila menggunakan sepeda motor atau mobil anda cukup membayar tiket Rp2 ribu hingga Rp5 ribuan saja. Setelah itu anda bebas berkeliling danau dan parkir tanpa pungutan biaya lagi.

Saat ini, di tengah danau, ada 16 rumah adat betawi yang masih dalam tahao pembangunan di atas pulau buatan seluas 2,8 hektar. Kompleks tersebut dibangun sebagai replika perkampungan Betawi. Anda juga dapat menikmati wisata air.

Di hari-hari tertentu, ada juga pertunjukan seni Betawi seperti Gambang Kromong, Lenong Betawi, Silat Betawi, Gambus, Rebana Biang, dan Keroncong. Tersaji juga Tari Samrah, Palang Pintu, Sohibul Hikayat, Prosesi Hantaran, Qosidah, dan Marawis.

Di sini anda juga dapat berburu oleh-oleh khas Betawi. Banyak souvenir unik yang bisa anda bawa pulang ke kampung halaman.

2. Kompleks Gelora Bung Karno (GBK)
  • Hutan Kota di Kompleks Gelora Bung Karno. Foto: Instagram @jktinfo

Pasca-gelaran Asian Games dan Asian Paragames 2018 lalu, komplek Gelora Bung Karno kini ramai dikunjungi masyarakat. Termasuk kami.

Setiap akhir pekan juga banyak acara, pertandingan, pameran atau pertunjukan yang dihelat di sini. Mulai dari yang gratis, hingga berbayar. Untuk masuk ke kompleks ini, anda hanya dibebankan biaya parkir.

Eits, jangan lupa di sini bayar parkirnya tidak bisa tunai. Harus menggunakan kartu elektronik seperti e-money, tapcash, brizzi dan lain-lain.

Setelah itu, anda bisa berkeliling GBK sepuasnya. Melihat venue-venue pertandingan yang pernah digunakan dalam perhelatan olahraga terakbar di Asia. Mulai dari berkeliling stadion utama, stadion akuatik, Istora, dan banyak venue-venue modern dan berstandar internasional lainnya.

Buat anda yang menyukai panorama alam, di GBK juga ada hutan kota. Pemandangannya bak Central Park di New York, Amerika Serikat. Sebab, selain bernuansa hutan tersebut juga dikelilingi gedung-gedung pencakar langit. Di sela-selanya juga terdapat kolam ikan dan air terjun mini, bebatuan alam, taman amphiteater, coffee house, plaza utama dan spot-spot yang instagramabel lainnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Bosan Ke Mall, Ini 2 Destinasi Wisata Murah Meriah Jika Anda Ke Jakarta
Bosan Ke Mall, Ini 2 Destinasi Wisata Murah Meriah Jika Anda Ke Jakarta
https://1.bp.blogspot.com/-mBxifTHZ1kA/XXuYcu53tDI/AAAAAAAAGgg/tdp_-Y9gDhkyo2jLlePZbjtPLB4NLBPpgCNcBGAsYHQ/s640/20190913_202327.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mBxifTHZ1kA/XXuYcu53tDI/AAAAAAAAGgg/tdp_-Y9gDhkyo2jLlePZbjtPLB4NLBPpgCNcBGAsYHQ/s72-c/20190913_202327.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2019/09/bosan-ke-mall-ini-2-destinasi-wisata.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2019/09/bosan-ke-mall-ini-2-destinasi-wisata.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy