Dampak Corona Layanan Kantor Disdukcapil Samarinda Di Ganti Via WA dan Siap Antar Dokumen Mulai 20 Maret Besok

Akibat meluasnya penyebaran Covid-19 tanah air, muncul Inovasi-inovasi pelayanan di kalangan pemerintahan. Upaya untuk terhindar dari pen...


Akibat meluasnya penyebaran Covid-19 tanah air, muncul Inovasi-inovasi pelayanan di kalangan pemerintahan. Upaya untuk terhindar dari penyebaran virus tersebut. Seperti yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda, dengan memunculkan Dukcapil Go Digital.

Dengan itu, warga Samarinda tidak perlu datang ke kantor, cukup via WhatsApp (WA) segala keperluan dokumen ataupun keluhan bisa diselesaikan. Hal ini upaya dari pemutusan rantai penyebaran virus Corona saat ini, apalagi Samarinda sudah terdaftar satu kasus positif.

"Kita mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran Disdukcapil Kota Samarinda, terlebih saat ini kita di dunia berperang terhadap penyebaran virus Corona. Apalagi di Samarinda sudah terdapat 1 kasus positif. Dengan inovasi ini tentunya tak perlu ada lagi tatap muka warga dengan petugas pelayanan,” ungkap Walikota Samarinda Syaharie Jaang dikutip lewat akun Facebook Pemkot Samarinda.

Lanjutnya, jika bisa tanpa harus bertatap muka, kenapa tidak kita lakukan. Menurutnya ini jauh lebih efektif dan efisien. Sekarang ini sudah zamannya memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin untuk meminimalisir waktu yang terbuang. "Hilangkan pola-pola tradisional dan ayo kita gunakan IT untuk kemajuan bersama,” ungkap Jaang.

Secara terpisah, Kepala Disdukcapil Samarinda Abdullah membeberkan sekilas cara mendapatkan pelayanan berbasis go digital secara online, dan dirinya mengajak agar masyarakat memanfaatkan pelayanan tersebut.

"Warga yang ingin berurusan di Disdukcapil, mulai besok 20 Maret sudah bisa menggunakan sistem layanan kami berbasis go digital. Online dengan mengakses ke no WA yang kami sediakan tanpa harus datang. Ayo manfaatkan layanan ini, terlebih saat ini dalam  masa social distancing supaya efektif pencegahan penyebaran corona," ungkapnya dihubungi via telepon.

Sambungnya, jika diperlukan kurir Disdukcapil juga siap mengantar dokumen ke tempat pemohon. Abdullah menjelaskan, untuk layanan online via WhatsApp sebenarnya sudah dilakukan beberapa bulan terakhir ini, hanya saja masih di bidang layanan kependudukan.

“Melihat kondisi sekarang ini, kita mengejar menyiapkan aplikasinya, sehingga sekarang semua layanan di Disdukcapil bisa melalui WhatsApp. Sebelumnya sudah berjalan layanan bidang kependudukan, sekarang ini kita tambah lagi layanan pencatatan sipil dan pengaduan," terangnya.

Kamis 19 Maret tadi, menjadi hari terakhir Disdukcapil melakukan layanan di kantor, namun percobaan ini sementara dilakukan hingga 31 Maret mendatang.

"Malah mulai hari ini tidak ada lagi layanan di kantor. Kita coba pelayanan secara online. Untuk sementara ini kita berlakukan hingga 31 Maret sambil melihat kondisi," ungkap Abdullah.

Menurutnya, hal ini sangat membantu dalam antisipasi penyebaran virus corona. "Tujuan untuk kita juga,agar terhindar dari virus Covid-19, Kalau yang tidak bisa menggunakan WhatsApp atau mempunyai HP android, bisa minta tolong dengan saudara, kalau tidak ada saudara bisa minta tolong teman maupun tetangga. Sangat mudah kok, tinggal mengunduh atau memfoto dokumen persyaratan langsung kirim via WhatsApp. Setelah selesai nanti dikabari, untuk selanjutnya bisa dikirim memakai kurir ke pemohon," terang Abdullah.

*Berikut nomor WhatsApp dengan pelayanan yang sudah ditentukan:
1. 0857-5168-7090 Melayani khusus aktivasi e-KTP/KK,BPJS,BPN, Bank dll.
2. 081351544717 Untuk layanan duplicate record/data.
3. 081351544727 Pelayanan Surat Keterangan Pengganti e-KTP, pindah keluar, pindah datang, pindah antar kecamatan/kelurahan.
4. 085751687060 Pelayanan terkait akta kematian dan akta kelahiran.
Note: Pengajuan via WhatsApp diatas, dibuka mulai pukul 08.00 hingga 13.00 Wita.

*Sedangkan dibawah ini, kurir layanan dokumen siap antar ke rumah.
1. WA/Tlp 081351544717
2. WA/Tlp 081351544727
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Dampak Corona Layanan Kantor Disdukcapil Samarinda Di Ganti Via WA dan Siap Antar Dokumen Mulai 20 Maret Besok
Dampak Corona Layanan Kantor Disdukcapil Samarinda Di Ganti Via WA dan Siap Antar Dokumen Mulai 20 Maret Besok
https://1.bp.blogspot.com/-nR3QXaonQkM/XnOHk4FHHEI/AAAAAAAAAPQ/0sCt4GEUOsAa7NzhKkv5Q01-Nkd9lgf1wCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200319_215309.png
https://1.bp.blogspot.com/-nR3QXaonQkM/XnOHk4FHHEI/AAAAAAAAAPQ/0sCt4GEUOsAa7NzhKkv5Q01-Nkd9lgf1wCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200319_215309.png
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/03/dampak-corona-layanan-kantor.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/03/dampak-corona-layanan-kantor.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy